Kegiatan

Departemen IPK IPB University Bangun Pendidikan Kelautan Kualitas Internasional

BOGOR - Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), IPB University rutin menggelar The Ocean Voice melalui Live Instagram di @itk.ipb. Tema yang diangkat pada episode pertama ini adalah “Membangun Pendidikan Kelautan Kualitas Internasional”. Adapun sebagai bintang tamu, dihadirkan yaitu Dr. Ir. I Wayan Nurjaya, M.Sc selaku Ketua Departemen ITK.

Melalui acara ini Dr. I Wayan menjelaskan bahwa Departemen ITK IPB University menjadi departemen kelautan pertama yang melakukan akreditasi secara Internasional. Yaitu melalui lembaga Institute of Marine Engineering, Science and Technology (IMarEST). Departemen ITK telah memiliki standar berakreditasi internasional secara penuh mulai tahun 2013. Di mana sebelumnya sejarah mencatat bahwa Departemen ITK juga merupakan salah satu program studi kelautan pertama yang dibuka di Indonesia.

“Akreditasi internasional bagi Departemen ITK adalah hal yang penting. Manfaatnya adalah dapat menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi yang memiliki bidang kelautan di luar negeri untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas sumber daya kelautan yang dimiliki,” jelasnya.

Selain itu, Departemen ITK juga telah membuka kelas internasional mulai tahun 2020. Melalui kelas internasional ini diharapkan dapat meningkatkan minat calon mahasiswa yang tertarik di bidang kelautan.

Acara The Ocean Voice ini dihadiri oleh para dosen, alumni, mahasiswa dan tenaga kependidikan dari Departemen ITK. Melalui acara ini diharapkan Departemen ITK dapat membangun komunikasi pada era digital ini dengan para alumni, mahasiswa, dosen serta masyarakat umum. Acara rutin lainnya yang akan digelar oleh Departemen ITK adalah Podcast ALA-ALA (Anak Laut Asli Laut) yang akan menghadirkan bintang tamu hebat lainnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?