Nasional

Akmil Berlakukan Taruna Secara Obyektif dan Tidak Diskriminatif

MAGELANG - Membentuk Taruna Akmil menjadi Perwira TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, Pengetahuan dan Keterampilan Dasar Keprajuritan serta Dasar Golongan Perwira dengan Kecabangan masing masing menjadi tujuan pendidikan Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah.

Karena hal itu, Gubenur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengajak kepada para orang tua taruna untuk bersyukur kepada Allah SWT karena memiliki putra putri terbaik bangsa yang menempuh pendidikan di lembah Tidar tersebut.

“Bangga memiliki putra/putri terbaik calon Bhayangkari NKRI yang terpilih dari ribuan pendaftar, melalui seleksi dengan persyaratan dan tahapan yang sangat ketat,” kata Gubernur Akmil dalam "Parents Meeting TP, 2019/2020 Taruna Tk I/Kopral Taruna" di Gedung Lyli Rochly setempat, Sabtu (8/2/2020).

Ia menyampaikan terima kasih kepada para orang tua kopral taruna yang telah mempercayakan putranya untuk dididik di akademi tersebut. Namun demikian Akmil juga menerapkan sistem reward dan punishment kepada para peserta didik.

“Artinya, secara obyektif dan tidak diskriminatif, Akademi Militer akan memberikan penghargaan kepada para taruna yang telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. Dan, tidak akan ragu-ragu untuk memberikan sanksi tegas kepada taruna yang melanggar dan menyimpang dari norma dan aturan yang berlaku,” tegasnya.

Dijelaskan, Akmil memiliki visi "Menjadikan Akademi Militer sebagai Center of Excellence  yang Dapat Mewujudkan Hasil Didik yang Profesional dan Dicintai Rakyat". Gubernur juga menyampaikan tentang misi akademi tersebut, diantaranya:

Mengoptimalkan Kinerja Orgas Melalui Program Pembinaan Satuan dengan melaksanakan Validasi Organisasi, Pengisian Materiil, Penataan Pangkalan, Melengkapi Piranti Lunak dan Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan dan Pembinaan Latihan.

Lalu, Meningkatkan Peran 10 Komponen Pendidikan, Meningkatkan Kualitas Hasil Didik (Taruna) agar Menjadi Perwira Profesional sebagai Pemimpin Masa Depan dan Dicintai Rakyat, Meningkatkan Peran dan Fungsi Pengkajian Pengembangan.

“Dan juga, Melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Teritorial Terbatas di sekitar Pangkalan dan Daerah Latihan,” tandasnya.

Dalam pembekalan kepada orang tua taruna/taruni tingkat I/koptar tersebut dihadiri Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Wirana Budi Prasetya, Distribusi A Akmil, para Orang Tua Taruna Tingkat I Akmil.

Rangkaian kegiatan diawali dengan regrestasi kehadiran orang tua di Gedung Resimen Taruna. Lalu menuju Gedung Lyli Rochly melaksanakan foto bersama orang tua dengan Gubernur Akmil, Wakil Gubernur Akmil dan pejabat Distribusi A Akmil. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?