Daerah

GSCL Akmil Turut Meriahkan Hari Jadi Purworejo

PURWOREJO - GSCL (Genderang Suling Cangka Lokananta) dari Akademi Militer (Akmil) Magelang turut memeriahkan Hari Jadi ke-188 Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (2/3/2019). Dengan komandan kontingennya Danyontar Madya Letkol Inf Beni Wahyudi, GSCL mengerahkan 9 taruni, 159 taruna sebagai Penata Rama Sermadatar Dino.

GSCL memeriahkan di hari kedua, setelah sehari sebelumnya juga digelar berbagai rangkaian acara dalam memperingati hari jadi tersebut. “Untuk agenda kedua,merupakan parade budaya, menurunkan grup Marching Band GSCL Akmil,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo.

Setelah itu, katanya, dilanjutkan Parade Kereta Kencana, yang menurunkan Kereta Kencana di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo serta meminjam Kereta Kencana dari Yogyakarta.

Dijelaskan, ada tiga agenda utama yang telah berlangsung pada Februari hingga Maret 2019. Ketiga agenda utama tersebut bisa dinikmati oleh warga masyarakat Purworejo.

“Ada beberapa prosesi lain sebelum acara dilaksanakan yakni ziarah ke Makam RAA Cokronegoro I di Bulus, Kecamatan Gebang dan beberapa kegiatan pendukung lainnya,” ungkapnya.

Disebutkan, agenda diawali dengan kegiatan Jumenengan RAA Cokronegoro I sebagai Bupati Purworejo pertama. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 27 Februari 2019 malam. Dilanjutkan dengan Sendratari jumenengan.

“Acara jumenengan yang sebelumnya di gelar di Pendopo Kabupaten Purworejo. Pada acara kali ini pindah lokasinya ke Jalan Setyabudi. Hal itu dilakukan agar warga masyarakat bisa lebih leluasa dalam menikmati sajian tersebut,” jelas Agung menandaskan.

Acara ini di Hadiri Bupati Purworejo H Agus Bastian S.E. M.M., Ketua DPRD Purworejo Ir Luhur Pambudi, Wakil Bupati Purworejo Yuli Astuti S.H. Dandim Purworejo Letkol Inf Gasim S.H. M.Si, Kapolres Purworejo Drs Said Ramadan.

Dalam Agenda Parade Budaya  banyak mengundang perhatian warga masyarakat Purworejo, untuk menyaksikan kegiatan yang melibatkan seluruh kepala organisasi perangkat daerah di Jajaran Pemerintah Kabupaten Purworejo.

“Untuk kepala dinas naik dokar, sedangkan camat menunggang kuda sebagai manggalayuda yang akan memimpin satu bregodo pasukan pengiring,” ujarnya.

Untuk agenda ketiga digelar Minggu 3 Maret 2019. Dengan kegiatan jalan sehat, yang diikuti seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Purworejo. Kegiatan itu merupakan puncak acara, peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?