Daerah

Akmil Magelang Ajak Siswa Kunjungi Museum

MAGELANG - Prodi Administrasi Pertahanan Akademi Militer (Akmil) Magelang mengajak anak-anak sekolah mengunjungi Museum Taruna Abdul Djalil di komplek Akmil Magelang, Jawa Tengah. Kunjungan ini merupakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh prodi tersebut. Salah satunya mengajak para siswa SD Negeri Jogomulyo Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Para siswa disambut ramah Kepala Museum dan Perpustakaan Akmil Letkol Inf Drs Edi Budi Santoso MMPd beserta staf. Para siswa tampak gembira dan bersemangat terlebih mereka baru pertama kali berkunjung ke tempat penggemblengan calon taruna tersebut.

Menurut Edi Budi, tujuan dari mengajak siswa mengunjungi museum untuk mengenal sejarah TNI serta perjuangannya bersama rakyat merebut kemerdekaan. Mengenal para pemimpin dan tokoh nasional lulusan Akmil. Serta, memberi motivasi para siswa untuk menanamkan jiwa patriot, cinta tanah air, serta jiwa bela negara.

“Bela negara merupakan kewajiban setiap warga negara Indonesia,” katanya.

Dipandu Serma Khoirul dan staf lain, para siswa diajak melihat dan belajar tentang berbagai hal yang ada di dalam museum. Ada lima ruang dikunjungi siswa, antara lain ruang Pra AMN, Ruang AMN dan Ruang Senjata.

Usai mengunjungi museum, para siswa diajak lomba mewarnai, melihat kolam renang taruna serta diajak melihat produksi tahu dan peternakan sapi perah di komplek Panca Arga I.

Lebih kurang 4 jam sebanyak 112 siswa dan 13 guru pendamping mendapat pengalaman, wawasan, dan motivasi selama berkunjung ke komplek Akademi Militer Magelang.

 

*Narwan, S.Pd

Guru SD Negeri Jogomulyo Kecamatan Tempuran

Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah

 

Apa Tanggapan Anda ?