Tokoh

Selamat! Dr Suliswiyadi Jabat Rektor UM Magelang

Siedoo, Universitas Muhammadiyah Magelang (UM) Magelang, Jawa Tengah memiliki rektor baru periode 2020-2024. Dia adalah Dr.Suliswiyadi, M.Ag menggantikan Ir.Eko Muh Widodo, MT yang telah menjabat selama dua periode, 2012-2020.

“Dalam perspektif normatif, amanah adalah sebuah perwujudan tanggung jawab moral untuk mewujudkan visi misi, tujuan dan sasaran UM Magelang,” kata Sulis, sapaan akrabnya.

Dr. Suliswiyadi, M.Ag mengawali karirnya di UM Magelang pada tahun 1996 sebagai dosen Fakultas Agama Islam (FAI). Bapak tiga anak tersebut pernah menjabat sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik pada tahun 2005-2008.

Sulis yang menyelesaikan studi S3 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut juga pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) UMMagelang di tahun 2009-2017.

Sebelum menjadi rektor, Sulis menjabat sebagai Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UM Magelang. Selain itu, Sulis juga aktif sebagai Auditor berlisensi International Register of Certificated Auditors (IRCA) Quality Management System, TUV Rheinland dan juga sebagai public trainer  sistem Manajemen Mutu untuk scope Edukasi.

Pelantikannya berlangsungkan, Sabtu (18/1/2020), di Aula Rektorat lantai 3 Kampus 2 UM Magelang. Prosesi pelantikan rektor dilakukan Dr. Syamsudin, M.Pd, Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.

Hadir dalam kesempatan itu, Prof. Drs. Lincolin Arsyad, PhD, Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Lalu ada Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd.Kons, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Jawa Tengah, Badan Pembina Harian (BPH) UM Magelang, berbagai instansi pemerintah di Magelang, organisasi otonom Muhammadiyah, pimpinan universitas, stakeholders serta dosen karyawan UM Magelang.

Sementara itu, Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Drs. Sugiyono, Kepala Bappeda Kabupaten Magelang menyampaikan selamat dan sukses kepada rektor terpilih.

“Pemerintah Kabupaten Magelang akan terus berkomitmen untuk mendukung terwujudnya visi UM Magelang menjadi sebuah Institusi Pendidikan Tinggi yang Unggul dan Islami,”tambahnya. (*)

Apa Tanggapan Anda ?