Nasional

Ingat! Hindari Pengisian Data PDSS di Hari-hari Akhir, Ditutup 8 Februari

JAKARTA - Tahapan pendaftaran masuk Perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 sudah dimulai sejak 2 Desember 2019. Lembaga Tes Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah membuka pendaftaran bagi yang ingin mengikuti seleksi SNMPTN.

Dikutip dari jpnn.com sebanyak 1,2 juta siswa bisa mendaftarkan SNMPTN 2020. Ketua LTMPT Prof. Mohammad Nasih mengungkapkan, pada Jumat 10 Januari 2020 pendaftaran telah ditutup.

Sesuai data yang diterima pukul 13.00 WIB, saat itu, sekolah yang akun aktif 23.073 dan permanen data 19.662. Sedangkan siswa dengan akun aktif 1.375.381 dan permanen data 1.272.655.

"Terimakasih dan selamat kepada sekolah dan siswa yang telah permanen data. Harap menyiapkan diri untuk proses pengisian data PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) dan pendaftaran SNMPTN untuk eligible,” katanya.

Sementara itu dikutip dari tirto.id, pengisian data PDSS dan pemeringkatan oleh sekolah akan dilakukan pada 15 Januari - 8 Februari 2020.

"Pastikan batas waktu pengisian PDSS agar sekolah dapat memanfaatkan waktu dengan baik, waktu disediakan untuk pengisian PDSS. Hindari pengisian PDSS dihari - hari terakhir agar tidak kesulitan dalam mengakses sistem, " demikian keterangan dikutip dari laman PDSS.

Tahapan Pengisian PDSS dimulai dengan login di https://pdss.snmptn.ac.id/. Proses login hanya bisa dilakukan jika sekolah sudah terdaftar di PDSS.

Setelah melakukan pendaftaran di PDSS, selanjutnya Login. Usai Login, sekolah langsung diminta untuk melengkapi data sekolah.  Kelola informasi sekolah jika ada perubahan, seperti identitas dan password sekolah.

Tahap selanjutnya yaitu pendefinisian kurikulum untuk setiap semester yang diikuti oleh siswa calon lulusan dan melakukan pendaftaran kelas untuk setiap tahun ajaran yang diikuti oleh siswa calon lulusan.

Tahap selanjutnya pengisian data siswa tiap kelas untuk seluruh siswa calon lulusan. Siswa yang ingin diisikan nilainya harus terdaftar di suatu kelas tiap tahun ajaran mulai dari tingkat X hingga tingkat XII.

Usai mengisi data siswa, anda juga harus melakukan pengisian nilai siswa, yaitu nilai siswa calon lulusan untuk seluruh mata pelajaran yang diikuti sejak tingkat X hingga tingkat XII (atau tingkat XII untuk kelas akselerasi), sesuai dengan kurikulum yang telah didefinisikan.

Terakhir finalisasi pengisian data oleh sekolah. Finalisasi dilakukan dengan mengunggah surat pernyataan yang sudah disediakan.

Jika sekolah belum melakukan finalisasi ini, maka password siswa belum dapat diunduh sehingga siswa belum dapat melakukan verifikasi.

Usai pengisian PDSS dan pemeringkatan, LTMPT akan membuka pendaftaran SNMPTN mulai 11 - 25 Februari 2020.

Berikut jadwal pelaksanaan SNMPTN dikutip dari snmptn.ac.id.

  • Jadwal pengisian PDSS : 15 Januari 2020 pukul 16.00 WIB - 08 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.
  • Pemeringkatan oleh sekolah : 15 Januari 2020 pukul 16.00 WIB - 08 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.
  • Pengumuman hasil pemeringkatan : 20 Januari 2020 pukul 13.00 WIB - 09 Februari 2020 Pukul 23.59 WIB. (Siedoo)
Apa Tanggapan Anda ?