Daerah

Hotel Atria Berkontribusi pada Pendidikan Melalui Program One GM One SMK

MAGELANG – Hotel Atria Magelang dan IHGM (Indonesia Hotel General Manager) ikut berkontribusi dalam dunia pendidikan. Salah satunya dengan mengimplementasikan program Pemerintah (Kementerian Pariwisata), yakni one GM (General Manager) one SMK (Sekolah Menegah Kejuruan).

“Di Jawa Tengah ini hampir ada beberapa area pendidikan, Magelang Kedu itu area delapan. Terdapat empat belas sekolah pariwisata. Selama ini konsentrasinya di boga, padahal industri perhotelan itu sangat luas dan besar, bukan boga saja” kata General Manager Hotel Atria Magelang, Chandra Irawan.

Dijelaskanya, seorang GM yang dapat mengajar adalah harus memiliki sertifikat vokasi ahli perhotelan level delapan. Saat ini ada sekitar dua puluh GM di lingkup Jawa Tengah dengan tingkatan tersebut.

“Kegiatan kami adalah turun langsung ke sekolah untuk mengajar. Guru – guru di SMK belum punya pengalaman kerja di hotel. Jadi pada saat tim kami turun, semuanya (pihak sekolah) langsung mendapatkan ilmu dari ahlinya,” jelasnya.

Selain itu, siswa SMK dan para guru juga dapat melakukan training di hotel, sehingga mengetahui perkembangan dan pembaharuan di industri perhotelan.

“Satu lagi, kami memberikan sertifikasi untuk SMK. Pihak hotel melakukan sharing informasi, di mana guru dan murid dapat belajar, kemudian mendapatkan sertifikasi. Harapannya, terbentuk SMK yang mandiri, SDM yang profesional, dan siap menghadapi dunia kerja dengan baik,” imbuh Chandra.

Belakangan ini digelar seminar dengan tema “Hospitality lndustry 4.0. The Most Effective Tool to Embrace a Disruptive Innovation Era”, Rabu (11/12/2019).

Peserta dari wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri dari pelaku usaha bisnis hotel, jasa travel dan pelaku jasa pariwisata lainnya.

Kegiatan tersebut memaparkan dan sharing pengetahuan tentang era revolusi industri 4.0 dan wisata Joglo Semar. Sebagaiam pematerinya adalah Harry D. Nugraha, founder Egology Indonesia. Iaenyampaikan materi terkait sistem yang berisi manajemen informasi hotel, seperti hosting guest, check in-check out, reservasi, kasir, dan revenue.

Terselenggaranya acara tersebut gabungan kerja sama dari IGHM (Indonesian Hotel General Manager) Jawa Tengah/DIY, Pesona Magelang dan Egology Indonesia. Kegiatan seminar tersebut merupakan salah rangkaian menyambut hari ulang tahun Atria, Kamis (12/12/2019). (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?