Siswa SMP Mutual Kota Magelang, mampu mengharumkan nama daerah dalam kejuaraan roket air se – Jawa Tengah dan DIY.

Daerah

Roket Air, Sabet Juara II Jateng – DIY


MAGELANG – Nama Kota Magelang terdengar di perlombaan roket air se Jawa Tengah – Yogyakarta. Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Alternatif (SMP Mutual) Kota Magelang menggondol tropi pada kejuaraan roket air se – Jawa Tengah dan DIY di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Ringroad Selatan Bantul Yogyakarta. Faiq Rulif dan Muhamad Fikri berhasil meraih juara 2 pada kejuaraan yang diadakan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) universitas tersebut.

Pembina Roket Air SMP Mutual Aan Setiawan mengatakan, pelaksanaan lomba tahun ini, target pendaratan roket air untuk tingkat SMP/MTs berjarak 50 m. Terdapat 3 zona berbentuk lingkaran sebagai target.

“Zona satu atau terbaik berupa lingkaran berjari – jari 2 meter dari titik pusat (bendera). Zona kedua berjari – jari 4 meter dan zona ketiga berjari – jari 6 meter. Sedangkan di luar zona tersebut dinilai gagal,” katanya.

Pada kejuaraan itu, peserta diberi kesempatan meluncurkan roket sebanyak 3 kali dan dicari jarak yang terdekat. Dari lomba itu, juara 1 untuk tingkat SMP/MTs diraih SMPN 1 Temanggung (B) dengan jarak terdekat 1,29 meter /nilai 87,1. Juara 2 diraih SMP Mutual Kota Magelang dengan jarak terdekat 1,32 meter /nilai 86,8, juara 3 diraih SMP Muhammadiyah Pakem Sleman (A) dengan jarak terdekat 1,72 meter /nilai 83,8.

“Kami puas dengan hasil ini mengingat pengalaman pertama bagi tim kami dengan alat peluncur yang berbeda dengan biasanya,” ujarnya.

Sementara Kepala SMP Mutual Wasiun mengaku bangga. Hal itu karena dalam waktu tidak lebih dari 2 bulan, tim roket tersebut berhasil meraih 3 tropi kejuaraan.

“Bahkan seminggu sebelumnya tim roket air baru saja pulang dari kejuaraan nasional di Serpong Jawa Barat,” katanya.

Apa Tanggapan Anda ?