Jawa Tengah menjadi juara umum dalam LKS SMK 2019 di Yogyakarta. (foto: kemdikbud.go.id)

Nasional

Jateng Juara Umum LKS SMK 2019, Raih 11 Medali Emas

DPRD Kota Magelang

SEMARANG - Dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tahun 2019 di Yogyakarta, Kontingen Jawa Tengah berhasil merebut 11 dari 32 emas. Provinsi yang di dalamnya ada Candi Borobudur tersebut menjadi juara umum.

Piala yang dibawa dari 22 bidang keahlian yang dilombakan. Beberapa bidang lomba yang dimenangkan di antaranya Juara I Auto Body Repair (SMKN 2 Salatiga), Juara 1 Automobile Technology (SMKN 3 Kendal), dan Joinery (SMKN 2 Kebumen).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Jumetri, mengaku bangga atas raihan prestasi tersebut. Itu merupakan kerja keras semua pihak.

Alhamdulillah, ini merupakan kerja keras dari pembimbing dan anak anak serta para kepala sekolah. Hasil ini adalah untuk mereka sendiri dan sebagai pemicu lebih baik lagi di masa  depan,” ungkapnya.

Pelaksanaan LKS SMK 2019 digelar pada tanggal 7-13 Juli 2019 di empat tempat. Yaitu, Jogja Expo Center, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), SMKN 6 Yogyakarta, dan di Hotel Grand Dafam.

Kegiatan yang diselenggarakan bagi siswa SMK seluruh Indonesia ini melombakan total 32 bidang dan diikuti oleh 759 siswa SMK dari 34 provinsi.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendikbud, M Bakrun, berpesan agar para peserta terus semangat dalam mengembangkan potensi mereka.

“Saya ucapkan selamat kepada para siswa-siswi yang telah berprestasi, kalian semua telah mempersembahkan potensi terbaik kalian, kalian semua adalah juara, karena tidak mudah untuk sampai pada tingkat nasional ini. Teruslah berprestasi dan menjadi kebanggan orang tua, nusa dan bangsa,’’ ungkapnya.

Ia menambahkan, jumlah peserta LKS SMK pada tahun ini bertambah di semua bidang lomba keikutsertaan dibanding tahun lalu. Selain itu terdapat dua bidang lomba yang diikuti oleh seluruh provinsi, yaitu IT Network Systems Administration dan Electrical Instalation.

Bakrun juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam suksesnya kegiatan tersebut.

"Terima kasih kepada pemerintah DI Yogyakarta yang telah menjadi tuan rumah yang baik, juga kepada Universitas Negeri Yogyakarta yang telah menyediakan fasilitas untuk tempat lomba dan segenap panitia serta seluruh pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan LKS 2019,” ujarnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang