Daerah Kegiatan

Kwarran Windusari Bagi Masker Gratis ke Masyarakat Lereng Sumbing

MAGELANG – Kwartir Ranting (Kwarran) Windusari membagikan masker secara gratis kepada masyarakat Desa Genito Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah, Kamis (1/10/2020). Kegiatan tersebut menindaklanjuti surat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah (Jateng) Nomor 360/11-A tanggal 30 Agustus 2020 tentang Pramuka Jateng Berbagi Masker.

Ketua Kwarran Windusari, Irfandi, S.Pd menjelaskan aksi pembagian masker tersebut tetap mengacu pada panduan kegiatan dari Kwarda Jateng. Antara lain dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, membentuk relawan Pramuka di tiap Kwarran.

“Serta pembagian tidak pada satu titik, namun tersebar di beberapa titik. Seperti di pusat perbelanjaan,” kata Irfandi saat memimpin aksi bagi masker di Pasar Genito.

Menurut Irfandi, pasar Genito seperti pasar lain di lereng gunung Sumbing, keramaian terjadi di saat hari pasaran. Di mana masing-masing pasar desa memiliki hari pasaran sendiri-sendiri.

“Kebetulan hari ini pasaran Kliwon, yang merupakan hari pasaran Pasar Genito,” jelasnya.

Aksi bagi masker tersebut dilakukan oleh anggota Pramuka Kwartir Ranting dan Dewan Kerja Ranting (DKR) Windusari. Adapun masker yang dibagikan adalah bantuan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Ka Mabida).

“Juga bantuan dari Bupati Magelang Zaenal Arifin selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab),” ujar Irfandi.

Sementara sasaran kegiatan adalah warga masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker ketika keluar rumah bahkan berkunjung ke pasar. Mereka yang berkendara tak bermasker, dihentikan diberi masker serta pengertian agar selalu memakai masker ketika beraktivitas, utamanya di luar rumah.

“Sehingga kami juga mengedukasi masyarakat agar disiplin protokol kesehatan. Itu semua sebagai upaya bersama memutus mata rantai penyebaran virus Corona di lingkungan masing-masing,” ujar Pengawas TK/SD Korwil Disdikbud Windusari ini.

Dikatakan Irfandi, aksi Pramuka Jateng Berbagi Masker dilakukan serentak di seluruh Jawa Tengah, sebagai bentuk kepedulian Pramuka terhadap merebaknya pandemi Covid-19.

“Selama kegiatan tampak masyarakat menyambut baik atas bantuan masker serta edukasi protokol kesehatan dari kami. Kita semua berharap pandemi segera berlalu dan aktivitas kehidupan masyarakat dan dunia pendidikan normal kembali,” pungkas Irfandi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?