Bendera Merah Putih raksasa, sambut mahasiswa baru Untidar.

Daerah

Kibaran Bendera Raksasa untuk Mahasiswa Baru


MAGELANG – Jumlah pendaftar mahasiswa baru di Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah pada tahun ini mencapai 11.142 orang. Namun, hanya 14 % saja yang diterima sebagai mahasiswa baru. Jumlah ini diketahui saat upacara serah terima mahasiswa baru 2017.

Dalam acara serah terima mahasiswa baru ini, Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar Prof Dr Joko Widodo MPd melaporkan bahwa jumlah pendaftar tahun 2017 sebanyak 11.142 mahasiswa. Dari jumlah ini hanya 14% nya saja yaitu 1.590 mahasiswa yang akhirnya lolos dan diterima untuk melanjutkan pendidikannya di kampus Untidar. Mahasiswa baru Untidar tahun 2017/2018 terdiri dari 1.430 mahasiswa program sarjana dan 160 mahasiswa program diploma.

Rektor Untidar Prof Dr Cahyo Yusuf MPd didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menyematkan jas almamater. Serta, topi kepada perwakilan mahasiswa sebagai tanda telah resminya mereka menjadi bagian dari kampus Untidar. Perwakilan mahasiswa tersebut adalah Sisca Irianti, mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) asal Papua Barat dan Pardongan Sihombing, mahasiswa Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi (FE) asal Sumatera Utara.

Acara serah terima mahasiswa baru dilaksanakan setelah upacara Kemerdekaan RI ke 72 di halaman parkir FKIP Untidar. Selepas upacara, seluruh mahasiswa baru mendapatkan arahan dari panitia Orientasi Tidar Muda (Otadama) 2017 perihal pelaksanaan orientasi pengenalan kampus.

Pada upacara peringatan hati kemerdekaan itu, dikibarkan bendera Merah Putih raksasa. Pengibaran bendera dengan panjang 12 meter dan lebar 9 meter sukses menyemarakkan acara serah terima mahasiswa baru Universitas Tidar. Bendera raksasa ini dikibarkan oleh 3 Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Sulfur UNTIDAR yaitu Hendra Ardianto Rizka Pratama, Ilham Dwi Wicaksono dan Rohman Muhammad Pradana dengan teknik rapling dari atas Gedung Fakultas Teknik.

Ide pengibaran bendera raksasa muncul dari Mapala Sulfur 2-3 minggu lalu. Tujuannya untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72. Selain itu juga untuk menyambut seluruh mahasiswa baru UNTIDAR.

Waktu yang ada tergolong cukup singkat. Mulai dari persiapan kain, bendera mereka jahit sendiri, dibantu orang tua salah satu anggota dan menyiapkan gladi bersih 1 hari menjelang hari pengibaran.

“Selamat datang dan sukses untuk 1.590 mahasiswa baru Untidar. Kalian mahasiswa pilihan, jangan lengah, tetap semangat dan ingat untuk lulus tepat waktu!,” kata rektor.

Apa Tanggapan Anda ?