Tokoh

Berkat Kepahlawanannya, Bocah Disabilitas Asal Lombok Ini Peroleh Beasiswa dari Malaysia

Siedoo, Taufik (7), bocah penyandang disabilitas, menjadi penyelamat bagi puluhan warga negara Malaysia yang menjadi korban luka saat gempa magnitudo 5,8 mengguncang pada pertengahan bulan ini. Puluhan warga Malaysia tak bisa melupakan jasa pemandu cilik di lokasi wisata Air Terjun Tiu Kelep, di Lombok Utara tersebut.

Taufik telah memandu para wisatawan mencari jalan untuk keluar dari air terjun yang diterjang longsor dan membuat mereka terjebak. Saat peristiwa tersebut terjadi, tiga orang dilaporkan meninggal dunia.

Atas jasanya, Kedutaan Malaysia memberi ucapan terima kasih berupa jaminan pendidikan hingga ke jenjang universitas. Selain itu, sebagai bocah penyandang disabilitas, Taufik akan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Gempa menyebabkan bebatuan besar longsor di kawasan wisata air terjun Tiu Kelep. Untuk keselamatan wisatawan, Taufik tiada lelah menunjukkan jalur aman untuk mereka kembali dan mendapatkan pertolongan.

“Hari ini kami akan pulang ke Malaysia dan sungguh anak kecil yang menolong kami, sangat hebat,” kata Wong Siew Lim (56) dilansir kompas.com.

Air terjun Tiu Kelep, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. (foto: piknikdong.com)

Wira Penyelamat

Rasa syukur dan kagum atas keberanian bocah itu membuat Kedutaan Malaysia, para korban, dan petugas Global Peace Mission Malaysia, memberi penghargaan.

Global Peace Mission Malaysia mengusulkan Taufik sebagai pahlawan. Sebab, ia berjasa membantu wisatawan dalam keadaan seperti disebut di atas.

Insya Allah kami angkat sebagai wira penyelamat manusia yang paling kecil dan menjadi satu simbol kepahlawanan, keberanian menyelamatkan nyawa yang membutuhkan pertolongan,” kata Ketua Pegawai Operasi Global Peace Mission Malaysia, Syahrir Azfar bin Saleh dilansir antaranews.com.

Taufik bersama kerabatnya diundang ke Rumah Sakit Umun Provinsi Nusa Tenggara Barat (RSUP NTB), untuk acara konferensi pers bersama Duta Besar Malaysia. Hadir pula dari Global Peace Mission Malaysia, Bupati Lombok Utara Nazmul Ahkyar, dan tim dokter RSUP NTB. Taufik akan diperiksa kesehatannya dan mendapat pengobatan serta akan disekolahkan hingga jenjang universitas.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara Nazmul Akhyar juga sangat bangga pada Taufik. Dia ikhlas jika Taufik dibawa ke Malaysia untuk menjalani pengobatan. Bupati mengakui jika Taufik menjadi pemandu cilik bagi wisatawan di kawasan air terjun Tiu Kelep ini membutuhkan sekolah khusus.

“Ya demi kebaikan adik Taufik kita harus mengikhlaskannya. Kita akan lihat nanti jika Taufik berhasil atas bantuan pemerintah Malaysia,” kata Nazmul, dilansir news.detik.com.(*)

Apa Tanggapan Anda ?