Kegiatan

AIPI Inisiasi Pendidikan Politik untuk Publik

SEMARANG - Staf pengajar perguruan tinggi rumpun ilmu politik di bawah naungan Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) memandang pentingnya peran pendidikan politik di tengah masyarakat.

Hal itu juga berkenaan dengan tanggung jawab sosial akademikus untuk mencerdaskan pemikiran awam mengenai proses demokrasi yang merupakan bagian keilmuan politik modern.

“Agenda besar bangsa ini berkenaan dengan politik adalah pesta demokrasi yang akan digelar April mendatang. Kami di dalam organisasi ini tentu berkeinginan agar perhelatan besar ini berjalan lancar memberikan kontribusi seluas-luasnya bagi bangsa ini,” jelas Ketua Pengurus Cabang AIPI Semarang Dr. Nur Hidayat Sardini.

Dia menyampaikan hal itu pada Konferensi Nasional dan Pemaparan Karya Ilmiah Rumpun Disiplin Ilmu Politik 2019. Tema yang diangkat ‘Pemilu Dalam Tinjauan Multiaspek’, di Hotel Aston Semarang. Forum itu dihadiri para dosen, peneliti, hingga mahasiswa ilmu politik, pemerintahan, administrasi publik, dan hubungan internasional.

Acara itu juga diperkuat pakar sebagai editor call for paper yang akan memberikan evaluasi atas naskah ilmiah yang dikirim peserta dari berbagai kota di Indonesia.

Para editor tersebut adalah Dr. Hartuti Purnaweni, Ika Ristanti Putranti Ph.D, Dr. Fitriyah, Wijayanto Ph.D. Kemudian Dr. Laila Kholid, Dr. Nur Syamsudin, dan Nur Hidayat Sardini.

Rekomendasi

Disebutkan, forum semacam itu sengaja digelar sebagai bagian dari upaya membangun pencerahan dan pencerdasan kehidupan politik bagi masyarakat. Naskah yang dibuat para peneliti, dosen, dan para ahli itu akan diajukan sebagai rekomendasi untuk pelaksanaan pemilu yang semakin berkualitas. Tulisan itu juga akan disampaikan hingga KPU dan Dewan Kehormatan Pengawas Pemilu (DKPP).

“Melalui pemikiran kritis yang disusun mendasari narasi akademi diinginkan karya para dosen, peneliti, dan pemerhati politik ini menjadi bagian dari membangun pendidikan politik. Selain itu, lewat forum ini pula diseminasi ilmu dan pengetahuan dapat semakin dioptimalkan,” imbuh Nur Hidayat Sardini dilansir suaramerdeka.com. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?