Pembukaan Popda Kabupaten Magelang di stadion Gemilang, Senin (11/2/2019). (foto: siedoo.com)

Daerah

4.500 Atlet Ikuti Popda Kabupaten Magelang, Jaring Maju Porprov


MAGELANG – Pekan Olahra​​ga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Magelang 2019 resmi dibuka di Stadion Gemilang, Kota Mungkid, Senin (11/2/2019). Sebanyak 4.500 atlet pelajar dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK seluruh Kabupaten Magelang berpartisipasi dalam ajang olahraga tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Magelang Iwan Sutiarso, menyebutkan hampir seluruh cabang olahraga (cabor) dipertandingkan dalam Popda 2019 ini, mulai dari senam, lari, panahan, tenis meja, tenis lapangan dan lainnya.

“Semua cabor dipertandingkan, ini kesempatan bagi 4.500 atlet pelajar untuk menorehkan prestasi di bidang olahraga,” ungkap Iwan disela-sela upacara pembukaan Popda, Senin (11/2/2019).

Menurut Iwan, melalui Popda 2019 ini dapat menjaring bakat-bakat atlet berprestasi tidak hanya membanggakan Kabupaten Magelang tapi nasional hingga internasional.

Lebih lanjut, kata Iwan, dukungan pemerintah daerah terhadap olahraga di Kabupaten Magelang saat ini sudah sangat tinggi. Ini menjadi salah satu faktor meningkatnya prestasi olahraga beberapa waktu terakhir.

“Posisi Kabupaten Magelang masih pada 18 besar pada Porprov 2018 kemarin. Sedangkan sebelumnya kita berada pada posisi 34 besar,” sebut Iwan.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, mengajak para peserta untuk meningkatkan prestasi di bidang olahraga dan segala aksi kekerasan seperti aksi-aksi tawuran antar pelajar yang sangat merugikan.

“Sebagai calon penerus bangsa, maka anak-anakku harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Jadikan momentum ajang olahraga ini untuk mengasah kemampuan kita hingga mencapai jenjang yang lebih tinggi lagi,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Zaenal juga berpesan kepada para generasi muda untuk menjauhi narkoba yang bisa berdampak negatif. Menurutnya, kompetisi olahraga seperti Popda menjadi ajang penyaluran minat dan bakat sekaligus mendulang prestasi.

“Saya berharap, moment ini juga menjadi ajang pencarian bakat khususnya di bidang olahraga, agar nantinya dapat terlahir atlet-atlet juara dari Kabupaten Magelang. Selamat berlomba dan jaga sportivitas,” pungkas Zaenal. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Ucapan Pemkot