SMA Mutual Kota Magelang

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar. foto: kemenag.go.id

Nasional

SNPDB Tiga MAN Berkualitas Segera Dibuka, Ada Beasiswa Full, Pendaftaran Klik di Bawah


JAKARTA -  Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) tiga Madrasah Aliyah Negeri (MAN), yakni MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MAN Kejuruan segera dibuka. Pendaftarannya dilaksanakan secara online, 18 Februari – 15 Maret 2019 untuk jalur regular, dan 18 Februari – 5 Maret 2019 untuk jalur prestasi.

Seleksi tersebut digelar secara nasional untuk membuka kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta. Mereka berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendekia (IC), MAN Program (PK) Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri (KN).

“Untuk tahun 2019, Kemenag menyediakan total kouta 2.822 siswa,” kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag Ahmad Umar dilansir dari kemenag.go.id.

Kouta tersebut terdiri dari kuota MAN IC sebanyak 2.180  siswa, MAN PK sebanyak 456 siswa dan MAKN sebanyak 186 siswa. Dari jumlah yang ada, Kemenag akan memberikan beasiswa full atau penuh.

“Beasiswa full untuk siswa pemegang kartu PIP,” imbuhnya.

Untuk tahun 2019, lanjut Umar, ada penambahan dua MAN IC yaitu MAN IC Lampung Timur dan MAN IC Palangkaraya. Selain itu, ada dua MAKN yaitu MAKN Ende (NTT) dan MAKN Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara).

Menurut Umar, MAKN adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah.

Dijelaskan, untuk MAKN Bolaang Mongondow tersedia dua jurusan yaitu; jurusan Pertanian dan jurusan Perikanan dan Kelautan. Sedangkan untuk MAKN Ende tersedia Jurusan Teknik Komputer (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan jurusan Desain Grafis.

SNPDB MAN IC-MAN PK-MA KN ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan. Sehingga, diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.

Di samping itu, SNPDB MA NIC-MAN PK-MA KN Tahun Pelajaran 2019/2020 diharapkan dapat menjaring peserta didik yang berpotensi, yang dapat dilihat dari beberapa indikator tes bakat skolastik peserta didik berupa: kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif/numerik, kemampuan logika/penalaran, dan kepribadian, serta tes akademik yang meliputi bidang studi: Matematika, IPA (Fisika dan Biologi), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

Tujuan SNPDB MAN IC-MAN PK-MA KN Tahun Pelajaran 2019/2020 ini adalah:

1. Memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MAN Kejuruan.

2. Memberikan peluang kepada MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan,  dan MAN Kejuruan untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan, dan ketakwaan serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.

Untuk pendaftarannya bisa klik sini (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?