Nasional

Formasi CPNS Kemenag Dipastikan Sudah Bisa Diinput

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) RI tetap memberikan porsi khusus guru eks tenaga honorer K2 dalam penerimaan CPNS 2018, jumlahnya 1.480. Selain itu, Kementerian di bawah komando Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tersebut juga memberi porsi untuk guru pelamar umum (10.520 formasi) dan dosen (4.485 formasi).

Tetapi sejak portal sscn.bkn.go.id dibuka sejak Rabu 19 September 2018 lalu, Kemenag belum menginputkan di dalamnya. Sebab, masih dalam proses verifikasi.

Kemenag menyatakan, formasi CPNS di bawah Kemenag baru bisa diakses di portal resmi pendaftaran CPNS tersebut pada Minggu 23 September 2018.

"Kami sejak sepekan terakhir terus melakukan verifikasi ulang atas kebutuhan formasi," kata Plt Sekjen Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan dilansir dari kemenag.go.id.

Kemenag membuka seleksi CPNS untuk 17.175 formasi yang tersebar di 134 satuan kerja, pusat hingga daerah. Jumlah ini adalah yang terbesar dibanding formasi pada kementerian dan lembaga negara lainnya.

Selain formasi di atas, masih ada formasi lainnya. Yakni, Penghulu (132 formasi), Penyuluh (62 formasi), Jabatan Fungsional Tertentu atau JFT (453 formasi), Jabatan Fungsional Umum atau JFU (45 formasi).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui sscn.bkn.go.id baru akan membuka pendaftaran Rabu 26 September 2018.

Ditandaskannya, sebelum mengiput data pihaknya melakukan verifikasi dan telaah atas rincian formasi CPNS yang tersebar hingga madrasah ibtidaiyah (MI).

"Saya pastikan, rincian formasi CPNS Kemenag sudah ada di sscn BKN pada 23 September," tambahnya.

M Nur Kholis Setiawan menjelaskan,  proses verifikasi penting dilakukan untuk memastikan rincian formasi sesuai kebutuhan. Kualifikasi yang dipersyaratkan juga relevan dengan kebutuhan formasi.

"Senin (24/9/2018), rincian formasi ini akan kami upload juga di web Kemenag dan diumumkan juga di tiap satuan kerja," tandasnya.

Ia berharap para calon pendaftar untuk mempersiapkan kelengkapan persiapan administrasinya terlebih dahulu sebagaimana dijelaskan dalam pengumuman. Selain melalui website Kementerian Agama, rincian formasi juga akan diumumkan oleh tiap satuan kerja yang membuka pendaftaran CPNS.

“Di samping upload secara nasional melalui website Kemenag,  juga akan diumumkan oleh semua satkernya,” tuturnya.

Formasi yang ditetapkan Kemenag adalah jumlah terbesar di antara 76 Kementerian/Lembaga di Indonesia yang melaksanakan rekrutmen CPNS Tahun 2018.

“Jumlah ini sesuai dengan Keputusan Menpan RB Nomor 49 tahun 2018 perihal formasi pegawai kementerian agama tahun anggaran 2018,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Kemenag total membuka 17.175 formasi CPNS. Itu tersebar di 134 satuan kerja. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?