Nasional

Ini Dia, 7 Daerah yang Tes CPNS-nya Diundur

JAKARTA - Penundaan tes SKD CPNS 2018 terjadi di sebagian wilayah di Indonesia. Tes yang sedianya digelar Jumat (26/10/2018), di hari pertama, diundur. Untuk waktunya tes selanjutnya diumumkan di instansi masing-masing yang dilamar.

Pengunduran itu di antaranya terjadi di wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Lampung, Padang, Serang, Sulawesi Tenggara.

"Di Semarang (Jawa Tengah) itu diundur sehari karena memang infrastruktur dari vendor ternyata belum siap," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan dilansir dari finance.detik.com.

Jadwal ujian yang diundur, sudah disampaikan kepada peserta sejak pagi hari. Kondisi tersebut juga dipastikan tidak akan menambah waktu pelaksanaan ujian yang dijadwalkan selesai 17 November 2018.

"Sudah disampaikan dari pagi kepada peserta dan mereka memahami. Nanti kita kompensasinya di hari berikutnya akan lebih banyak tes, jadi bukan 5 sesi tapi 6 sesi dan sebagainya," ujarnya.

Berikut Daftar Tes SKD CPNS di beberapa daerah di Indonesia yang diundur:

Di Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Pengunduran pelaksanaan tes di kantor Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah karena ada kesalahan teknis.

"Karena ada permasalahan teknis, daripada nanti hasilnya tidak maksimal. Jadi jadwalnya kami ubah menjadi tanggal 30 Oktober pada sesi 6 pukul 18.30 WIB," ujar pihak BKN Provinsi Jateng, berdasarkan penuturan Miftahus sebagaimana ditulis kompas.com.

Untuk gelombang 1, diundur menjadi Minggu (28/10/2018) pukul 18.30 WIB, gelombang 2 diundur menjadi Senin (29/10/2018) pukul 07.00 WIB, dan gelombang 3 diundur menjadi Selasa (30/10/2018) pukul 18.30 WIB.

Adapun tes SKD ini terselanggara pada 26 Oktober-3 November 2018. Sebanyak 41.477 calon peserta CPNS 2018 telah terdaftar dan akan berlomba untuk memperebutkan 1.926 formasi yang dibuka oleh Pemprov Jateng.

Di Graha Wana Bhakti, Yogyakarta

Alasan diundurnya tersebut, hampir sama dengan di Jawa Tengah. Keputusan penundaan ini karena terjadi kendala teknis, salah satunya jaringan tidak terkoneksi dengan pusat.

"Iya, diundur, yang menyampaikan tadi dari perwakilan panitia pusat. Kalau daerah kan hanya tempat saja," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi DIY, Agus Supriyanto dilansir dari kompas.com.

Agus menuturkan tes diputuskan diundur karena ada beberapa faktor. Pertama jumlah laptop tidak sesuai dengan yang diharapkan.

"Jumlahnya itu hanya 240 laptop, yang diharapakan kan 650. Itu saja datangnya baru datang pagi tadi jam 03.10 WIB," ucapnya.

Di Sulawesi Tenggara

Badan Kepegawaian (BKD) Sulawesi Tenggara (Sultra) belum bisa memastikan tes tersebut akan dilaksanakan. Hal ini dikarenakan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) belum siap untuk menggelar tes.

“Jadwal pelaksanaan tes tertulis CPNS yang awalnya bakal dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober ini, dipastikan akan berubah. Kita kan menunggu jadwal dari UPTD BKN,” jelas Kepala BKD Sultra, Nur Endang Abbas dilansir dari sultrakini.com.

Di Kabupaten Serang

Pemkab Serang, Jawa Barat mengundurkan waktu tes. Tes yang sedianya bakal digelar Jumat (26/10/2018), diundur menjadi Senin (29/10/2018).

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Rif’ah Maftuti. Menurutnya, pengunduran tersebut terjadi karena keterlambatan dalam hal teknis telah disampaikan ke BKN dan telah mendapat persetujuan.

“Kalau dari pusat sudah ada yang melakukan tes pada tanggal 28 Oktober ini, tapi kalau kita baru dimulai di tanggal 29, dan kita baru men-setting komputernya hari ini,” kata Rif’ah dilansir dari bantenpos.com.

Meski demikian, kata Rif’ah, pengunduran pelaksanaan tes seleksi CPNS tersebut tidak berpengaruh terhadap konsep yang telah dibuat sebelumnya. Seperti tempat tes dan jumlah hari tes tersebut.

“Kalau tempatnya masih sama yaitu di Hotel Puri Kayana dan tesnya tetap berlangsung selama 10 hari,” ujarnya.

Di Kota Magelang

Pengunduran juga dilakukan di Gedung Wiwori Wiji Pinilih, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jadwal tes hari pertama untuk pelamar di intansi Pemerintah Kota Magelang diundur. Jadwal yang sedianya digelar pada Jumat – Sabtu (27-27/10/2018) diundur menjadi tanggal 14 – 15 November 2018. Hal itu dilakukan karena ada kesalahan teknis.

“Untuk Kota Magelang diundur jadi tanggal 15-16 November 2018 mendatang. Yang lain jadwal tetap,” kata Koordinator tim Computerized Assisted Test (CAT) Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suratini dilansir dari finance.detik.com.

Di Lampung

Untuk hari pertama, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah Lampung Rusli Syofuan masih dalam proses penyiapan komputer. Untuk pengundurannya tidak sampai berhari-hari. Tapi jam.

"Jadwal tes diundur pukul 13.00," paparnya dilansir dari lampost.co.

Sebenarnya, jadwal tes CPNS pada Jumat dibagi empat sesi, diantaranya sesi 1 pukul 08.00 hingga 09.30, sesi 2 pukul 10.00 sampai 11.30, sesi 3 pukul 13.30 sampai 15.00, dan sesi 4 pukul 15.30 sampai 17.00 WIB.

Untuk Sabtu (27/10) dibagi dua sesi yakni sesi 1 pukul 08.00 sampai 09.30 dan sesi 2 pukul 10.00 sampai 11.30.

Di Aceh

Sebagaimana ditulis tribunnews.com, pelaksanaan tes CPNS untuk jajaran Pemko Banda Aceh yang sedianya berlangsung, Jumat (26/10/2018) ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Puluhan peserta yang sudah mendatangi tempat tes di gedung ITLC Banda Aceh (eks gedung bioskop Garuda).

Kepala Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aceh, Makmur Ibrahim mengatakan, penundaan itu karena masih harus dilakukan penyempurnaan pada perangkat komputer, sebagai media untuk tes sistem CAT.

"Karena vendor untuk pemasangan komputer baru tiba sore (Kamis, 25/10/2018) di Banda Aceh," ujar Makmur. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?