Mahasiswa mengunjungi Markas Kodim 0705/Magelang. Mereka bertanya seputar tugas tentara di wilayah Magelang.

Daerah

Mahasiswa Pertanyakan Tugas dan Tanggung Jawab Kodim

KoMMBes Penggalangan Dana Lombok

MAGELANG – Kodim 0705/Magelang mendapat kunjungan dari mahasiswa Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang. Kedatangan mahasiswa ini menggali informasi yang berkaitan dengan tugas yang diberikan kampus. Utamanya yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab Kodim.

Dalam pertemuan tersebut mahasiswa disambut langsung Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Suratman dan Pasi Intel Kodim 0705/Magelang Kapten Inf I Ketut Kukuh AW. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk bertanya lebih jauh tentang dunia kemiliteran.

Salah satu topik utama yang dibahas dalam pertemuan ini yaitu terkait penanganan bencana di wilayah Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang yang terjadi beberapa waktu lalu. Dalam operasi bencana tersebut, pimpinan Kodim mengerahkan langsung kepada anggota untuk ikut terjun ke lokasi bencana. Setiap koramil yang berada dibawah struktur organisasi Kodim Magelang ini mengirimkan anggotanya untuk meringankan beban korban bencana.

Setiap hari, koramil-koramil mengirimkan 10 personel ditambah dengan beberapa anggota staf. Jika dihitung total bantuan personel yang diterjunkan ke lokasi kejadian untuk membantu evakuasi korban dan pemulihan pasca bencana, dapat mencapai 250 personel setiap hari.

Meyta, salah satu peserta wawancara mengatakan, dipilihnya Kodim Magelang sebagai obyek untuk menyelesaikan tugas kampus karena tugas dan tanggung jawabnya yang sangat komplek. Kodim Magelang markasnya di Kota Magelang, namun wilayah tangggung jawabnya sampai pelosok Kabupaten Magelang.

“Kita akan mencoba menggali tentang bagaimana Kodim dalam mengelola dan mengkomunikasikan informasi yang ada. Serta tata cara mengatur tugas yang melibatkan wilayah dari Kota sampai Kabupaten Magelang,” kata Meyta.

Sementara itu, Mayor Suratman menjelaskan seluruh pertanyaan yang diajukan mahasiswa. Baik dari bidang tugas dan tanggung jawab, wilayah tugas, kedisiplinan anggota dan keterkaitan dengan instansi lainnya. Ia juga menjelaskan soal metode pembinaan personel, kegiatan berupa bantuan berkoordinasi dengan pemerintah daerah yang terdiri dari bencana, pengamanan, ketahanan pangan, KB kesehatan, dan TMMD.

Apa Tanggapan Anda ?