Mahasiswa peduli masjid diwujudkan melalui program bersih-bersih.

Daerah

Jelang Ramadhan, Mahasiswa dan Takmir Bersihkan Masjid


MAGELANG – Bulan penuh berkah, Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Masjid akan menjadi salah satu tempat yang mendapat perhatian lebih para jamaah. Menjelang Ramadhan ini, mahasiswa Universitas Tidar Magelang (UNTIDAR) menggelar bakti sosial membersihkan masjid-masjid di sekitar kampus.

Kegiatan bakti sosial ini diikuti kurang lebih 125 mahasiswa yang sebagian besar adalah mahasiswa semester 2. Mereka merupakan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) UNTIDAR. Lokasi kegiatan bakti sosial HMTS terdiri dari delapan masjid.

Masjid tersebut yaitu Masid Ina’in Al Hidayah Dumpoh, Masjid Ukhuwah Islamiyah Badakan, Masjid At Taqwa Kebondalem, Masjid Al Hidayah Potrobangsan, Masjid Nurul Huda Potrobangsan, Mushola At Taqwa Tuguran dan Masjid Shalahuddin Al Ayyubi Potrobangsan. Ada 10-15 mahasiswa di setiap lokasi masjid. Beberapa mahasiswa membawa alat kebersihan dari rumah.

“Kami menyapu, mengepel, membersihkan tempat wudlu hingga menjemur karpet alas sholat,” kata Wahyu Adi Pratama, Koordinator Lapangan di Masjid Shalahuddin Al Ayyubi, Potrobangsan.

Acara ini pun direspon positif warga sekitar. Bahkan para takmir di beberapa masjid juga ikut membersihkan secara bersama-sama.

“Kami harap, program ini bisa dilaksanakan tahun depan bahkan untuk tahun-tahun selanjutnya,” kata Wahyu.

Sementara itu, Ketua RW V Potrobangsan Wardoyo menyambut baik kegiatan mahasiswa ini. Ia pun mengucapkan terima kasih atas bantuan teman-teman mahasiswa itu.

“Kegiatan terjun langsung ke masyarakat seperti ini kami harap dapat ditingkatkan lagi. Kegiatan ini juga berguna untuk pengenalan kampus UNTIDAR ke masyarakat sekitar,” jelas Wardoyo yang juga Takmir Masjid Shalahuddin Al Ayyubi ini.

Apa Tanggapan Anda ?