ADV

Kampung Menari, Pengabdian BEM KM Untidar untuk Anak Pelosok Negeri

MAGELANG - Kepedulian terhadap pendidikan anak-anak di desa terpencil, ditunjukkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa - Keluarga Mahasiswa Universitas Tidar (BEM KM Untidar) Magelang, Jawa Tengah. Melalui Bidang Sosial Masyarakat, BEM KM Untidar bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Mata Garuda menyelenggarakan sebuah program yang diberi nama "Kampung Menari".

"Menari itu singkatan dari Membangun Generasi Hingga Pelosok Negeri," jelas Januar Ramadhan, Wakil Ketua BEM KM Untidar, saat ditemui  Siedoo.com, Kamis (21/01/2021).

Program yang berisi aneka kegiatan edukatif tersebut dilaksanakan di Dusun Pakis, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Kampung Menari telah dimulai sejak November 2020, dan akan berlangsung hingga Maret 2021. Program ini melibatkan sebanyak 32 orang relawan dengan berbagai latar belakang.

"Ada sekitar 50 anak dari desa setempat yang ikut di situ," terang Januar Ramadhan, yang sering disapa Rama ini.

Program Kampung Menari mengusung dua sub-program, yaitu Kelas Mentoring dan Kelas Motivasi. Kelas Mentoring dilakukan dengan cara memberikan pendampingan mata pelajaran.

Sedangkan Kelas Motivasi diberikan dengan tujuan memberikan stimulus, agar anak-anak memiliki semangat besar untuk terus belajar. Sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Lebih lanjut Rama menjelaskan, Kampung Menari dengan beragam aktifitasnya dilaksanakan setiap hari Senin hingga Kamis. Ada pula sebuah kegiatan yang dinamai "Kelas Inspirasi" yang diadakan pada hari Minggu. Masing-masing relawan bertugas menjadi pendamping bagi anak-anak yang turut dalam kegiatan itu.

"Melalui program ini, kami berharap dapat menjadi mitra pemerintah untuk mewujudkan generasi yang unggul dan berkualitas dari daerah terpencil," tutur Rama.

Terkait dengan jumlah tenaga relawan, pihaknya masih membuka kesempatan bagi generasi muda yang ingin terlibat dalam Program Kampung Menari. Ia menjelaskan, informasi lebih detail mengenai perekrutan relawan dapat dilihat di akun Instagram @kampungmenari_. (Siedoo)
Apa Tanggapan Anda ?