Taruna - taruni Akmil Magelang sosialisasi di SMK Negeri 1 Wadaslintang Wonosobo, Jawa Tengah. Para siswa menerima materi tentang Wawasan Kebangsaan.

Daerah

Taruna Akmil Berbagi Wawasan Kebangsaan ke Siswa SMK


WONOSOBO – Wawasan Kebangsaan (wasbang) wajib disosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Khususnya para pelajar yang merupakan simbol generasi penerus bangsa. Wasbang itu penting untuk dipahami oleh seluruh generasi muda.

Wawasan kebangsaan bertujuan mewujudkan kesatuan perilaku politik melalui pendidikan politik rakyat yang demokratis dan berbudaya. Mewujudkan demokratisasi tatanan pemerintah yang mencerminkan good governance, dan sebagai perekat ketahanan bangsa.

Hal tersebut disampaikan taruna – taruni Akademi Militer (Akmil) Magelang saat memberikan Materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa SMK Negri 1 Wadaslintang, Wonosobo, Jawa Tengah yang diikuti  seluruh anak kelas XII, Senin (3/12/2018). Sebanyak 100 siswa tersebut sebentar lagi akan melaksanakan Ujian Nasional.

“Sosialisasi ini menarik minat dari para siswa-siswi SMK negri 1 Wadaslintang, guna mengikuti seleksi calon taruna (Catar) Akmil. Pada kegiatan ini juga dijelaskan bagaimana tata cara pendaftaran dan persyaratan-persyaratan calon taruna Akmil, mulai dari persyaratan umum, persyaratan tambahan, persyaratan khusus dan persyaratan lainya,” kata Ni Putu Sumira Prilia Dewi (Sermadatar), salah satu taruni Akmil.

Ia pun tidak sendirian. Bersama dengan empat taruna – taruni Akmil yang lain, ia menyampaikan materi di hadapan para siswa.

“Faktor terpenting untuk menjadi calon taruna Akmil harus sehat jasmani dan rohani. Sebab dengan memiliki kesehatan yang prima, seorang taruna Akmil, apabila sudah dilantik menjadi perwira harus mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan oleh TNI AD,” jelasnya.  (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?