Ilustrasi PNS. foto: ponorogo.go.id

Nasional

PNS Harus Ikuti Perkembangan Era Industri 4.0


JAKARTA – Sebagai seorang PNS, termasuk di dalamnya guru ataupun dosen, harus memiliki motivasi untuk berinovasi, agar dapat terus mengikuti perkembangan dunia global yang mana saat ini berada pada Industri 4.0. Sebagai seorang PNS harus mempunyai padangan atau pemikiran bagaimana kondisi 25-30 tahun ke depan.

“Dan PNS yang harus diingat adalah seorang abdi negara dan sekaligus adalah abdi masyarakat,” jelas Kepala BKN, Bima Haria Wibisana sebagaimana ditulis bkn.go.id.

Hal itu disampaikannya saat kegiatan Program Pengembangan ASN (Aparatur Sipil Negara) dan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III angkatan VI dan VII di Pusbang ASN BKN Ciawi, Bogor, Jawa Barat, belum lama ini.

“Kita adalah generasi baru birokrasi negara Indonesia. Kita adalah ujung tombak dari semangat perubahan instansi masing-masing. Jangan pernah melupakan apa yang pernah kita lalui bersama di Pusat Pengembangan ASN BKN,” kata calon Analis Akuntabilitas Kinerja BKN, Juwari dalam orasi ilmiahnya.

Mengutip pidato Sultan Hamengku Buwono X, Juwari menuturkan, sebagai generasi baru PNS Indonesia menyadari sepenuhnya bahwa tugas yang ada di pundak mereka adalah sulit dan berat. Sebab, tugas tersebut menyangkut pertemuan jiwa barat dan timur, agar dapat bekerjasama dalam suasana harmonis, tanpa yang timur harus kehilangan pribadinya. “Saya bicara soal gap generasi di lingkungan birokrasi,” ujar Juwari.

Selain itu, Juwari mengajak para CPNS sebagai darah segar birokrasi untuk melakukan perubahan. Sebagai generasi penerus pun mempunyai tugas di pundak masing-masing. Yakni melakukan transformasi PNS dari pola lama ke pola baru.

“Jangan pernah berhenti belajar, terus semangat demi negara kita tercita,” pungkas Juwari.

Pusat Data Pusbang ASN mencatat bahwa sepanjang tahun 2018 ini telah menyelenggarakan Diklat bagi 2.760 PNS yang terdiri dari 1.604 PNS di lingkungan BKN dan 1.156 peserta yang berasal KLD.

Diklat yang telah dilaksanakan meliputi: Pelatihan Kepemimpinan TK IV, Pelatihan Fungsional Kepegawaian, Pelatihan Teknis manajemen ASN, dan Pelatihan Dasar CPNS. Pusat Pengembangan ASN juga melakukan inovasi program pengembangan baru diantaranya sharing session dan pemagangan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?