Walikota Magelang, Sigit Widyonindito menyerahkan beasiswa dan penghargaan kepada para penerima di sela Upacara Peringatan Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-47, Hari Guru Nasional, dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-73.

Daerah

Penyerahan Beasiswa Walikota di Hari Korpri


MAGELANG – Bertepatan Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-47, para siswa di Kota Magelang, Jawa Tengah mendapat perhatian khusus dari Pemerintah. Delapan siswa berprestasi yang merupakan putra-putri Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan I dan II di lingkungan Pemerintah Kota Magelang menerima beasiswa Korpri. Walikota Magelang Sigit Widyonindito, menyerahkan langsung beasiswa saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Korpri ke-47, Hari Guru Nasional, dan HUT PGRI ke-73, di halaman kantor Pemkot Magelang, Kamis (29/11/2018).

“Saya mengucapkan selamat, teriring harapan agar bantuan dan penghargaan yang diberikan dapat menjadi motivasi untuk belajar, bekerja, berkarya, dan berprestasi terbaik di masa kini dan masa mendatang,” kata walikota.

Selain Hari Korpri, upacara itu juga berbarengan untuk memperingati Hari Guru Nasional, dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-73. Upacara diwarnai dengan penyerahan beasiswa dan berbagai penghargaan.

Selain beasiswa, juga dilangsungkan penyerahan penghargaan pancawarsa kwartir cabang pramuka Kota Magelang kepada 3 orang guru. Yaitu Y Parjiyo (Pancawarsa Utama) dengan masa pengabdian 55 tahun, Mujiyo (Pancawarsa VI) dengan masa pengabdian 30 tahun, dan Hari Puryani (Pancawarsa II)  dengan masa pengabdian 10 tahun.

“Pengabdian mereka sangat menginspirasi kita. Mereka menunjukkan kepada kita bahwa mengabdi tidak mengenal usia,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Sigit juga membacakan sambutan Presiden RI pada peringatan Hari KORPRI ke-47. Ia mengatakan, mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin berat.

“Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua lapis pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknologi yang sedang berubah cepat,” jelas dia.

Dalam kaitan ini, dirinya meminta kepada seluruh jaiaran ASN untuk segera memperkuat diri untuk menjadi agen transformasi penguatan SDM, menjadi agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa. Dengan peran ASN yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, ia yakin transformasi kualitas SDM ini bisa dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan bangsa.

Walikota juga menyerahkan secara langsung penghargaan kepada para pemenang inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Magelang tahun 2018. Yakni DataGo karya Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominsta), Pakdewo karya Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Gemakapitasi karya Puskesmas Magelang Utara. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?