Internasional

Tim Mahasiswa UMN Berlaga Film Animasi ke Jepang

JAKARTA – Setelah berhasil menjuarai ‘20th DigiCON6 Asia’ Tingkat Nasional, dua tim mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Jakarta kembali berlaga di karya film animasi ke Jepang. Perlombaan film animasi tahunan ini diselenggarakan secara rutin oleh Tokyo Broadcasting System (TBS).

Dua tim film edukasi akan berkompetisi dengan animator lain di Asia. Keikutsertaan mereka setelah film animasi kedua, yaitu ‘Keluarga Satu Setengah’ dan ‘Life of Death’ dinobatkan sebagai juara dalam DigiCON Asia Awards, Hall The Japan Foundation di Jakarta Pusat. Film animasi ‘Keluarga Satu Setengah’, karya tim Michaela Clarissa Levi, Robert Sunny dan Raffael Arkapraba Gumelar, mengisahkan tentang seorang anak bernama Agung yang mengidap penyakit Obsessive Compulsive Disorder (OCD) dan Ibunya yang terkena penyakit Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Melalui film animasi tersebut Michaela, Robert dan Raffael ingin menumbuhkan rasa empati penonton kepada para penderita penyakit mental dengan menggambarkan perasaan para penderita tersebut. Karya film ini  berhasil mendapatkan 20th  DigiCON6 Asia Regional Indonesia Silver Prize.

Semua karya yang dilombakan memiliki ciri khas masing-masing. Namun ‘Keluarga Satu Setengah’, memiliki keunikan pada topik penyakit mental yang diangkat

“Kalau film animasi Keluarga Satu Setengah sendiri itu mungkin lebih pada topik yang diangkat yaitu mental illness dan cara penggambaran kondisi seorang penderita ketika penyakitnya sedang kambuh (dalam masa episode),” ungkap Robert Sunny dilansir kompas.com.

Karya Tim kedua UMN adalah film animasi berjudul ‘Life of Death’ ciptaan Jason Kiantoro dan Bryan Arfiandy. Film ini mengisahkan  keseharian malaikat maut dalam melakukan pekerjaannya. Film yang mendapatkan penghargaan Next Generation dan Gold Award ini berpesan kepada penonton untuk menggunakan waktu semasa hidup dengan sebaik-baiknya.

Sebelumnya ‘Life of Death’ pernah masuk ke dalam nominasi film festival dan terpilih dalam beberapa screening seperti Canadian Labour Film Festival 2018, Global University Film Awards 2018, Austin Film Festival 2018 dan masih banyak lagi.

Film ‘Keluarga Satu Setengah’ dan ‘Life of Death’ beserta tim akan ke Jepang untuk berkompetisi dengan 11 negara Asia lain. Yaitu, Kamboja, Cina, Hongkong, India, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan tuan rumah Jepang. Hal ini tentunya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu kedua tim UMN. (Siedoo/NSK)

Apa Tanggapan Anda ?