Daerah

SD Mutual Sapu Bersih 14 Kategori Lomba Mapsi

MAGELANG - Berbagai sekolah berkompetisi, menampilkan kemampuan yang dimilikinya pada ajang lomba Mata Pelajaran dan Seni Islam (MAPSI) Tingkat Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah. Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang (Mutual) mampu menyapu bersih perlombaan yang ada dan mengungguli sekolah lain.

Para siswa - siswi SD Mutual pulang dengan membawa 14 piala, terdiri dari berbagai macam jenis perlombaan. Diantara jumlah itu, 11 perlombaan unggul dan mendapatkan juara I. Sementara jenis perlombaan yang lain, terdiri dari juara II dan III.

“Semoga dengan adanya lomba MAPSI ini anak-anak SD Mutual bisa mengamalkan apa yang telah diajarkan. Tidak hanya dapat menjuarai sebuah perlombaan, namun selalu juara dalam pengamalan amaliyah kehidupan sehari-hari,” kata Ketua Tim Mapsi SD MUTUAL Ida Mubasyiroh, S.Ag.

Siswi berprestasi, juara I cabang lomba Rebana.

MAPSI Tingkat Kecamatan Magelang Selatan diselenggaran pada 2 Oktober 2018 di SDN Jurang Ombo 4 dan 5 Kota Magelang. Adapun prestasi SD Mutual yaitu, Juara 1 Rebana, Juara 1 Kewirausahaan Putra, Juara 1 LKTI Putra da Putri, Juara 1 Khitobah Putri dan Juara 2 Khitobah Putra.

Siswi berprestasi, juara I cabang lomba Cerilis.

Selain itu, juara 1 Cerita Islami Putri, Juara 3 Adzan Putra, Juara 1 PAI, BTQ, Gebsata Putra dan Putri, Juara 1 PAISUM Putra, Juara 1 TIKI Putra dan Putri, Juara 1 Hifdzil Quran Putra dan Putri, Juara 1 Mocopat Putra dan Juara 3 Mocopat Putri, Juara 2 Tilawah Putra dan Juara 3 Tilawah Putri, Juara 1 Kaligrafi Putra dan Putri, Juara 2 Khot Putra dan Juara 3 Khot Putri. Ida menyampaikan rasa kagum dan bangga begitu besar dengan potensi murid-murid SD Mutual.

Wakil Kepala Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan SD Mutual Miftakhul Aziz, S.E menyampaikan bahwa, MAPSI adalah even perlombaan mata pelajaran yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Agama dari tingkat kecamatan hingga nasional. Untuk tingkat Kecamatan Magelang Selatan ada 14 macam perlombaan yang digelar dengan lokasi perlombaan di SDN Jurang Ombo 4 dan 5 Kota Magelang.

Sementara itu, salah satu pemenang dalam kejuaran MAPSI kategori Khitobah Almira Maulida Gandhi mengungkapkan perasaan bahagianya saat diumumkan menjadi juara pertama putri cabang Khitobah. Ia berharap untuk lomba MAPSI tingkat kota nanti, dapat menampilkan yang terbaik, dan mendapatkan juara pertama.

"Sehingga dapat melaju sampai tingkat provinsi,” katanya.

Persiapannya untuk maju tingkat Kota pada 8 Oktober 2018 nanti, ia akan berlatih kembali. ”Pasti latihan yang tekun istirahat yang cukup agar selalu sehat. Dan tidak lupa selalu berdoa kepada Allah SWT,” ucapnya dengan nada optimis.

 

*Siti Nurhayati
Guru SD Mutual Kota Magelang, Jawa Tengah.

Apa Tanggapan Anda ?