Para siswa sedang tampil di Taman Seni Budaya Pesta Siaga Kwartir Ranting Tempuran, Kabupaten Magelang.

Daerah

Pesta Siaga Memupuk Pribadi Tangguh

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Berbagai siswa sekolah dasar ataupun madrasah ibtidaiyah se Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang berkumpul di SD Negeri Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran. Sebanyak 68 barung putra-putri dari 34 SD/MI mengikuti kegiatan Pesta Siaga. Mereka berkompetisi meraih predikat barung tergiat dengan melaksanakan tugas di 11 taman yang disediakan.

Taman itu antara lain Taman Gamelan, Seragam, Tali-temali, Bowling, Pengetahuan Umum Pramuka, Keagamaan, dan Seni Budaya. Ketua Panitia Kegiatan Hening Wiyatno mengatakan, kegiatan ini bertujuan memupuk terpadunya pribadi tangguh, mandiri, disiplin, dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri pada generasi muda.

“Disamping itu juga melatih ketahanan mental jasmani dan rohani,” katanya.

Pesta Siaga Kwartir Ranting Tempuran dibuka langsung Ketua Majelis Pembina Ranting Daryoko Umar Singgih. Ia mengatakan, dalam kegiatan Pesta Siaga, tentu ada semangat kompetisi pada setiap barung untuk menjadi barung tergiat. Namun jauh lebih penting bahwa Pesta Siaga memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta jiwa kejuangan bagi generasi muda.

“Perlu dipahami oleh setiap anggota pramuka Siaga bahwa dalam Pesta Siaga itu meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara serta memupuk cinta tanah air,” katanya.

Pada kegiatan ini, para siswa saling berkompetisi. Untuk masing-masing barung tergiat I akan mewakili kegiatan yang sama ditingkat Kabupaten Magelang. Lokasinya di Kompleks Kantor Pemkab Magelang, Kota Mungkid pada 25 Februari 2017. Diakhir kegiatan, terpilih barung Tergiat I putra dari MI Banjarsari. Sedangkan barung SD Prajegsari 2 dan SD Tempurejo 1 sebagai barung Tergiat II dan III. Sementara barung putri Tergiat I-III diraih oleh SD Ringinanom 1, SD Tempurejo 1, dan MI Banjarsari.

Apa Tanggapan Anda ?