Daerah

Wajah Baru Saka Kalpataru

MAGELANG - Pengurus satuan karya (saka) Kalpataru Kwarcab Kota Magelang, Jawa Tengah periode 2018-2021 dikukuhkan, Senin (24/9/2018). Ketua Kwartir Cabang (kwarcab) Pramuka Kota Magelang Sumartono berkesempatan mengukuhkan langsung para pengurus baru tersebut. Satuan karya ini beranggotakan pramuka penegak dan pandega.

"Ada juga pembina pramuka sebagai pamong saka dan instruktur tetap. Serta pemuda calon anggota gerakan pramuka berusia 16-25 tahun," kata Ketua Saka Kalpataru, Irwan Adhie Nugroho.

Para anggota tersebut akan dibina agar memiliki kepedulian lingkungan dan rasa tanggungjawab dalam mengelola, menjaga, dan mempertahankan dan melestarikan lingkungan hidup. Irwan menambahkan, sebagaimana layaknya satuan karya pramuka lainnya, para anggota akan dikelompokkan dalam krida-krida yang mengkhususkan pada materi tertentu.

"Setiap krida memiliki syarat kecakapan khusus (SKK) untuk memperoleh tanda kecakapan khusus kelompok kesatuan karyaan," katanya.

Adapun tiga krida kegiatan saka kalpataru terdiri dari krida 3 R (reduce/mengurangi, reuse/menggunakan kembali, recycle/mendaur ulang) yang meliputi SKK komposting, SKK daur ulang, SKK bank sampah. Kemudian krida perubahan iklim meliputi SKK konservasi dan hemat air, SKK hemat energi listrik, SKK transportasi hijau. Serta krida konservasi keanekaragaman hayati yang meliputi SKK pelestari sumberdaya genetik, SKK pelestari ekosistem

"Saka kalpataru ini menjadi wadah pendidikan dan pembinaan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega untuk menyalurkan minat, bakat, kemampuan dan pengalaman. Khususnya berkaitan dengan substansi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH)," imbuh Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang Sumartono.

Dia mengatakan, melalui Saka Kalpataru ini, anggota pramuka diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan serta keterampilan. Diantaranya terkait isu lingkungan, pengelolaan sampah, perubahan iklim, dan konservasi keanekaragaman hayati.

Adapun Saka Kalpataru merupakan gerakan pramuka yang memiliki satuan karya, yang menjadi wadah pendidikan di bidang kepedulian lingkungan. Pengurus saka kalpataru ada di seluruh kwartir cabang (kwarcab) pramuka baik kabupaten maupun kota, termasuk di Kota Magelang. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?