HUT. Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di SD Mutual 2 Kota Magelang, Sabtu 17 Agustus 2024. (foto: anisa/siedoo)
Siedoo.com - HUT. Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di SD Mutual 2 Kota Magelang, Sabtu 17 Agustus 2024. (foto: anisa/siedoo)
Daerah

Peringatan HUT ke-79 RI, SD Mutual 2 Kota Magelang Dorong Siswa Cintai Budaya Lokal

MAGELANG, siedoo.com – SD Muhammadiyah 2 Alternatif (SD Mutual 2) Kota Magelang  menggelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI, Sabtu 17 Agustus 2024.

Dalam keempatan itu seluruh siswa, guru dan staff karyawan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Tema Kemerdekaan tahun ini “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Upacara bendera dimulai pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh seluruh warga sekolah. Rangkaian upacara dilakukan dengan khidmat mulai dari pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, amanat dari kepala sekolah hingga upacara selesai.

Ketua penyelenggara HUT ke-79 RI SD Mutual 2, Puji Ningsih menyatakan, perayaan Hari Kemerdekaan tahun ini lebih menekankan pada kebudayaan lokal, melalui berbagai perlombaan yang telah dilakukan pada hari-hari sebelumnya hingga puncaknya upacara bendera.

“Berbeda dari upacara hari biasa, khusus untuk merayakan HUT RI para guru special bertugas pada kesempatan ini,” jelasnya.

Uniknya, guru-guru yang bertugas tampil memukau dengan mengenakan pakaian adat khas Jawa yang seragam. Hal ini tidak hanya menjadi semarak memperingati Hari Kemerdekaan, tetapi untuk mengajarkan siswa tentang kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

BERSAMA. Kepala SD Mutual 2 Kota Magelang berpose bersama guru dan karyawan sekolah. (foto: anisa/siedoo)
BERSAMA. Kepala SD Mutual 2 Kota Magelang berpose bersama guru dan karyawan sekolah. (foto: anisa/siedoo)

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hari Kemerdekaan juga dilaksanakan dengan memakai pakaian adat daerah. Tidak hanya saat peringatan HUT RI, setiap tanggal 17 sekolah juga telah merealisasikan penggunaan pakaian adat daerah kepada seluruh siswa dan guru saat proses belajar mengajar dilaksanakan.

Antusias siswa dalam mengikuti upacara Hari Kemerdekaan terlihat dari beranekaragamnya baju adat daerah di Indonesia yang siswa kenakan. Selain itu, siswa rela berhias sejak pagi dan datang tepat waktu menjadi bentuk semangat mereka dalam memeriahkan upacara peringatan HUT RI ke-79 ini.

Bidang Kesiswaan SD Mutual 2, Anis Fatihatul  berharap agar para siswa semakin mencintai kebudayaan lokal dan mampu melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa.

Baca Juga :  Siswa SMK Muhammadiyah Payaman Praktik Rawat Jenazah Disaksikan Orang Tua

“Dilaksanakannya upacara Hari Kemerdekaan, siswa diharapkan dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan menjadi versi terbaik dari diri mereka,” jelasnya.

Sekolah mengharapkan HUT RI ini tidak sekadar menekankan pada semarak kemerdekaan, tetapi kesempatan bagi semua siswa untuk menanamkan rasa cinta terhadap budaya bangsa. Sehingga, semua siswa dapat menghargai dan melestarikan kebudayaan lokal bangsa Indonesia.

Kepala SD Mutual 2 Kota Magelang, Mustaqim menyampaikan saat proses upacara berlangsung menekankan pada kearifan lokal.

“Dapat menumbuhkan kecintaan siswa terhadap budaya bangsa, serta mengajarkan siswa untuk senantiasa bersyukur atas kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia,” tandasnya.

BERPRESTASI. Siswa SD Mutual 2 Kota Magelang yang berprestasi mendapat penghargaan. (foto: anisa/siedoo)
BERPRESTASI. Siswa SD Mutual 2 Kota Magelang yang berprestasi mendapat penghargaan. (foto: anisa/siedoo)

Dalam closing ceremony terdapat 18 siswa tergabung dalam tim karawitan SD Mutual 2 berhasil meraih penghargaan sebagai yang terbaik di tingkat nasional.

Kemenangan atas perlombaan karawitan yang diselenggarakan oleh Kesultanan Surakarta menjadi bukti nyata dari upaya sekolah dalam menanamkan kecintaan terhadap budaya lokal kepada para siswa. (anisa)

Apa Tanggapan Anda ?