MPLS. Siswa baru SD Mutual 2 Kota Magelang sedang menjalani MPLS. (foto: ist)
Siedoo.com - MPLS. Siswa baru SD Mutual 2 Kota Magelang sedang menjalani MPLS. (foto: ist)
Daerah Pendidikan

MPLS di SD Mutual 2 Kota Magelang Tekankan Disiplin dan Ekonomi Sirkular

MAGELANG, siedoo.com – SD Muhammadiyah 2 Alternatif (SD Mutual 2) Kota Magelang, Jawa Tengah sudah mengawali tahun ajaran baru 2024/2025.

Sebagai tandanya yakni dimulainya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan konsep yang menyenangkan, Sabtu 20 Juli 2024 hingga satu minggu ke depan.

Antusias orang tua siswa mengantarkan buah hatinya menambah suasana MPLS di SD Mutual 2 semakin semarak.

Waka Kesiswaan SD Mutual 2, Anis Fatihatul, M.Pd mengatakan, MPLS merupakan program yang wajib diikuti oleh seluruh siswa baru.

“MPLS ini sudah menjadi program pemerintah dan persyarikatan Muhammadiyah yang harus dilaksanakan oleh sekolah. SD Mutual 2 insyaAllah menyajikan MPLS terbaik untuk anak-anak,” ungkapnya.

Setelah libur akhir tahun, hampir satu bulan penuh, menjadi waktu yang baik untuk mempersiapkan putra-putrinya menginjakkan kaki di jenjang SD.

Berbagai program kegiatan sudah disiapkan oleh tim SD Mutual 2 dengan aneka acara. Pengenalan diri, menonton film anti kekerasan, memahami sikap boleh dan tidak apa yang kita lakukan, semua disajikan dalam rangkaian yang menyenangkan.

Ada yang unik dalam MPLS tahun ini. Selain Masa Pengenalan dengan teman baru, guru baru, hingga Lingkungan yang serba baru, kali ini banyak difokuskan pada penanaman karakter akhlaq mulia, kedisiplinan, kerapian, sopan santun dan sebagainya.

Satu hal yang baru bagi siswa yaitu pengenalan kegiatan ekonomi sirkular untuk mendukung budaya bersih “nol sampah” dan rapi di sekolah.

Gerakan membuang sampah pada tempatnya, memilah hingga mengubah dan menggunakannya kembali yang bermanfaat semua diberikan kepada siswa baru.

Pentingnya menjaga kebersihan diri, pakaian, dan lingkungan ditekankan kepada siswa. Sejak dini, program ini terus gencar ditekankan kepada siswa. Harapannya ada nilai tambah bagi pengembangan karakter siswa.

Kegiatan MPLS ini tentu sangat menyenangkan bagi siswa maupun orang tua.

Baca Juga :  Selamat! Mahasiswa UNIMMA Juara 2 Berlaga di Tingkat Internasional

Harapannya dengan MPLS dapat tercipta lingkungan belajar yang inklusif, berkebhinekaan untuk semua.

Di kesempatan yang lain, Kepala SD Mutual 2, Mustaqim, M.Pd juga turut menyambut hadirnya siswa baru, ia berharap anak-anak semangat dan sukses belajarnya.

“Selamat datang siswa baru SD Mutual 2, semoga sehat, sholih dan sholihah, berprestasi belajar bersama SD Mutual 2,” ungkap Mustaqim, M.Pd dalam siaran persnya yang disampaikan melalui teleconference bersamaan dengan acara 2024 Circular Economy Leadership and Education di Hiroshima University, Jepang. (rilis/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?