PANDU. Pesta Ceria Pandu Athfal SD Mutual 2 Kota Magelang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Nirwana Lokajaya Salaman.
Siedoo.com - PANDU. Pesta Ceria Pandu Athfal SD Mutual 2 Kota Magelang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Nirwana Lokajaya Salaman.
Daerah

Pesta Ceria Pandu Athfal SD Mutual 2 Kota Magelang Latih Kemandirian Siswa

MAGELANG, siedoo.com – Pada tahun ajaran 2023/2024 ini, SD Muhammadiyah 2 Alternatif (SD Mutual 2) Kota Magelang mengakhiri rangkaian kegiatan dengan Kemah Pesta Ceria Pandu Athfal bagi siswa kelas 5 dengan happy ending.

Kemah ini menjadi agenda yang ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa. Kali ini SD Mutual 2 Alternatif mengambil lokasi di Bumi Perkemahan Nirwana Lokajaya Salaman, Kabupaten Magelang.

Sejak Jumat-Sabtu, 21-22 Juni 2024, sebanyak 96 siswa dengan pendampingan 41 guru, semua antusias mengikuti acara kemah dengan baik.

Kemah gerakan kepanduan Hizbul Wathan (HW) dilepas langsung oleh Kwartir Daerah HW Kota Magelang dengan tajuk Pesta Ceria Pandu Athfal SD Muhammadiyah 2 Alternatif Kota Magelang.

Keceriaan langsung terlihat saat anak-anak bersama-sama naik truk Armed 3 Magelang yang all out mendukung suksesnya acara.

Berbagai acara menarik semua disajikan untuk menggali potensi para siswa.

Ketua Panitia Pesta Ceria Pandu Athfal, Yeti Indarsih, S.Pd menyatakan bahwa seluruh bentuk rangkaian acara pesta ceria ini tidak lain adalah untuk membangkitkan jiwa kemandirian, kerjasama, bersosialisasi, hingga motivasi bekerja keras untuk berprestasi.

“Alhamdulillah, acaraPesta Pandu Athfal kali ini dikemas sangat menarik sehingga anak-anak senang semua. Kemandirian, komunikasi, bekerjasama hingga peningkatan Kompetensi sebagai pelajar pancasila dapat dikembangkan dengan baik,” kata Yeti disela-sela acara.

Kegiatan mandiri mendirikan tenda, lomba memasak, kreatifitas, pentas seni, ketangkasan, kebersihan, hingga latihan baris berbaris yang dipandu oleh Dewan Sughli Daerah (DSD) Kwarda HW semua diikuti dengan baik.

Kepala SD Muhammadiyah 2 Alternatif, Mustaqim mengatakan kegiatan kemah tahun demi tahun terus mengalami peningkatan.

“Tahun ini kemah HW dikemas sebagai sebuah pesta ceria, yang diikuti pandu athfal dengan harapan anak-anak lebih mandiri, komunikatif, dan lebih rajin dalam belajarnya. Tumbuh jiwa sosialnya dan kreatif. InsyaAllah dengan kegiatan ini seluruh siswa kelak menjadi generasi hebat, generasi emas pelopor pelajar pancasila,” kata Mustaqim.

Baca Juga :  Tanamkan Semangat Kartini Lewat Lomba Mewarnai

Penyalaan api unggun dilanjutkan pentas seni hasil kreasi tiap regu, menjadi momen yang meriah karena suguhan acara yang diluar dugaan ternyata peserta kemah semua memberikan kejutan.

Seni drama, gerak lagu, semaphore dance, aneka tarian hingga menyanyi semua dipersembahkan dengan sangat baik dan menghibur.

Sisi lain, penanaman nilai islami tetap istiqamah dilaksanakan. Salat wajib, Salat tahajud khusyuk dijalankan peserta kemah. Aina, pemimpin regu Seruni mengatakan kebahagiaannya.

“Senang sekali ikut pesta ceria kali ini, acaranya menarik, dapat melatih mandiri kerjasama dengan teman dan tambah semangat untuk berkreasi dan berprestasi. InsyaAllah sangat bermanfaat,” ungkapnya dengan semangat.

Hari berikutnya setelah sarapan pagi, peserta Pesta Ceria Pandu Athfal mengikuti kegiatan olah raga bersama dilanjutkan wide game, tadabbur alam di sekitar.

Medan yang menantang tak menyurutkan semangat anak-anak. Berbagai tugas dari tiap pos di rute yang dilewati semua diikuti dengan semangat. Pada acara pungkas, upacara penutupan turut disampaikan motivasi, aneka door price menarik dan juga penghargaan dari Kwartir Daerah Hizbul Wathan Kota Magelang bagi siswa berprestasi. (rilis/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?