Internasional Tokoh

Patut Berbangga, Guru Besar Unpad Masuk Kepengurusan PBB

BANDUNG – Kita sebagai anak bangsa berhak berbangga. Salah satu akademisi terbaik di negeri ini masuk dalam kepengurusuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sosoknya merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat. Dia adalah Prof. Dr. Armida Alisjahbana S.E., M.A.

Prof Arminda ditunjuk Sekjen PBB Antonio Guterres sebagai Sekretaris Eksekutif untuk Economic and Social Commission for Asia and The Pacific (ESCAP) PBB.  Penunjukkannya berlangsung petengahan September 2018 lalu.

Sebagaimana dilansir dari unpad.ac.id, Prof. Armida juga berperan sebagai koordinator dari lima komisi regional Amerika Serikat (AS).

Terpilihnya Prof. Armida menggantikan Shamshad Akhtar selaku Sekretaris Eksekutif sebelumnya. Jabatan tersebut setara dengan menteri kabinet di negara anggota.

Pemegang gelar sarjana dari Jurusan Ekonomi dan  Studi Pembangunan Universitas Indonesia, master dari Fakultas Ekonomi Northwestern University, dan gelar Ph.D dari Fakultas Ekonomi University of Washington, USA ini, mengawali kariernya sebagai dosen di Universitas Padjajaran tahun 1988.

Perempuan kelahiran Bandung 16 Agustus 1960 tersebut merupakan tokoh penting dalam pendirian pusat unggulan SDGs Center Unpad, suatu pusat studi pertama di perguruan tinggi yang berfokus pada penguatan SDGs.

Pusat studi yang didirkan pada 2016 tersebut berperan terhadap persiapan dan evaluasi kebijakan serta program untuk mencapai SDGs. Pusat ini juga mengilhami univeritas lainnya di Indonesia untuk mendirikan  pusat serupa.

Di bidang pemerintahan, Prof. Armida pernah menjabat sebagai Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas pada 2009 hingga 2014 lalu.

Atas pengangkatan itu, Prof. Arminda akan melanjutkan misi pencapaian SDGs di tingkat internasional. Melalui UNESCAP, ia akan mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial yang inklusif serta berkelanjutan di Asia-Pasifik.

Karier di Unpad

  1. Direktur Utama Center for Sustainable Development Goals Studies, Universitas Padjadjaran (SDGs Center Unpad) 2016 - sekarang
  2. Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran, Bandung 2005 - sekarang
  3. Pembantu Dekan I, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Bandung 2007 - 2009
  4. Pengajar Tetap, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Bandung 1989 - sekarang
  5. Ketua Pusat Penelitian Kependudukan dan Pengembangan SDM, Universitas Padjadjaran, Bandung 2004 - 2007
  6. Ketua Laboratorium Penelitaian, Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LP3E), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Bandung 2003 - 2007
  7. Ketua Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Padjadjaran, Bandung 1996 – 2003. (Siedoo)
Apa Tanggapan Anda ?