Plt Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti. (foto: humasunpad)

Daerah

1.797 Mahasiswa Unpad Diwisuda, Berikut Pesan Penting Prof Rina


BANDUNG – Sebanyak 1.797 mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) diwisuda di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung, Jawa  Barat, Kamis - Jumat (2-3/5/2019). Dalam wisuda gelombang III tahun akademik 2018/2019 ini dilaksanakan dalam tiga sesi.

Mereka diwisuda oleh Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti. “Kami doakan semoga saudara-saudara menjadi yang terbaik dalam bidangnya masing-masing,” kata Rina.

Pada kesempatan tersebut, secara khusus Prof. Rina memberi ucapan selamat pada wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang.

Wisudawan terbaik Program Doktor diraih oleh Rizky Harta Cipta dari Program Studi Ilmu Hukum; Wisudawan terbaik Program Magister diraih oleh Yoga Trianzar Malik dari Program Studi Kimia; dan Wisudawan terbaik Program Spesialis diraih oleh Jenadi Binarto dari Program Studi Bedah Mulut.

Selanjutnya, Wisudawan terbaik Program Profesi diraih oleh Nadhira Cindy Saraswati dari Program Studi Dokter Gigi; Wisudawan terbaik dari Program Sarjana diraih oleh Cecep Hermawan dari Program Studi Hubungan Internasional; dan Wisudawan terbaik dari Program Diploma diraih oleh Maria Riski Mutiara dari Program Studi Hubungan Masyarakat.

“Dan ingatlah selalu sebagai alumni Unpad untuk senantiasa menjaga kebersamaan dan tali silaturahmi demgan almamater tercinta,” pesannya kepada wisudawan.

Dikatakan Prof. Rina, wisuda gelombang III selalu menjadi acara wisuda yang spesial, karena pelaksanaannya setiap awal bulan Mei yang bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Hal ini menjadikan acara wisuda tidak hanya sebagai acara peresmian atau pelantikan atas keberhasilan seseorang menyelesaikan jenjang pendidikannya. Wisuda merupakan momentum yang tepat untuk melakukan refleksi dan evaluasi atas kinerja Universitas Padjadjaran sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia.

“Proses refleksi ini harusnya menjadi sumber data yang akurat untuk mempertajam program kerja kita dan meningkatkan akselerasi kinerja kita di masa yang akan datang,” kata Prof. Rina.

Dalam sub-tema peringatan Hardiknas tahun ini, salah satu elemen kuat adalah mewujudkan SDM yang berkarakter. Menghadapi kompleksitas era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 tidak hanya diperlukan manusia-manusia yang cerdas, namun manusia-manusia yang memiliki keluhuran budi serta hati nurani.

Maka dari itu, lanjut Prof. Rina, dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi, Unpad secara konsisten berpegang teguh pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unpad yang berbunyi “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional” yang merupakan hasil pemikiran dari Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, Prof. Dr. Ir. Otto Soemarwoto, dan Prof. Dr. Ir. Didi Atmadilaga yang menjadi ciri khas dan kekuatan akademik Unpad.

Selain itu, transformasi sistem pendidikan dalam bentuk kegiatan kurikuler, ektrakurikuler dan ko-kurikuler yang telah dilaksanakan Unpad juga senantiasa berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya Sunda serta budaya organisasi Unpad yaitu Responsible, Excellent, Scientific rigor, Professional, Encouraging, Creative and Trust (RESPECT) yang telah dicanangkan dari tahun 2009 lalu.

“Pola Ilmiah Pokok dan budaya Organisasi RESPECT ini haruslah menjadi DNA dan ciri khas sivitas akademika Unpad serta para lulusan Unpad dimanapun ia berkiprah dan berkarya,” ujar Prof.Rina.

Sementara itu, wisudawan tertua pada wisuda kali ini adalah R. Budhy Agung Supriyanto dari Program Studi Teknik Geologi dalam usia 64 tahun 1 bulan 26 hari, dan wisudawan termuda adalah Nurul Ilma Asfiya Nashruddin dari Program Studi Teknik Informatika dalam usia 19 tahun 2 bulan 13 hari. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang