Internasional

UPS Berangkatkan Lima Mahasiswa ke Thailand

TEGAL - Secara bertahap Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Jawa Tengah memberangkatkan lima mahasiswa dari tiga fakultas untuk kuliah di tiga universitas ternama di Thailand selama satu semester.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerja Sama dan Urusan Internasional (KUI) UPS Tegal, Dr. Dien Noviany Rahmatika, MSi, dari lima mahasiswa, tiga di antaranya mendapatkan pengalaman kuliah di Thailand setelah proposal Program Hibah Transfer Kredit Luar Negeri Belmawa 2018 yang diajukan perguruan tingginya, dinyatakan lolos oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti).

‘’Satu mahasiswa dari tiga mahasiswa yang diberangkatkan atas beasiswa dari Kemristek Dikti sudah berangkat terlebih dulu. Yakni, Atmo Kusumo, mahasiswa semester IV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI). Dia diberangkatkan ke Hatyai University Thailand pada 14 Agustus 2018 lalu,’’ungkapnya.

Dua mahasiswi lainnya yang berkuliah selama satu semester di Thailand, diberangkatkan bersama dua mahasiswi yang mengikuti program kuliah selama satu bulan, pada Minggu (02/09/2018). Keberangkatan empat mahasiswi itu dilepas langsung Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, MHum, Jumat (31/8/2018).

Untuk dua mahasiswi yang dilepas pada Jumat tersebut adalah Weny Tyara Arista, mahasiswi semester II Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Prodi Studi Akuntansi. Dia berkuliah di fakultas yang sama di Rajamangala University of Technology Krungtep Thailand. Kemudian Tifanny Vika Dhealiyani, mahasiswi semester IV Fakultas Hukum, Prodi Ilmu Hukum, akan kuliah di Prince of Songkla University Thailand.

Sementara dua mahasiswi yang diberangkatkan untuk kuliah di negara yang sama untuk program sit in dan dibiayai UPS Tegal adalah Hana Bilqis dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen, serta Adinda Putri Nurbaeti dari FKIP Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Mereka rencananya kuliah selama satu bulan di Rajamangala University of Technology.

Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto, MHum,  mengatakan mahasiswa dan mahasiswi yang mendapat beasiswa kuliah di luar negeri seperti di sejumlah perguruan tinggi di Thailand, hendaknya bangga dan bersyukur.

‘’Pengalaman berharga ini jadi kebanggaan dan disyukuri, karena dari ribuan mahasiswa di UPS Tegal, hanya sedikit yang terpilih setelah melewati seleksi ketat,’’ tuturnya.

Kebangaan itu, karena lebih dari 4.000 perguruan tinggi di Tanah Air, baru ada 51 PTN dan PTN yang mendaftar dan 23 PT dinyatakan lolos termasuk UPS Tegal. Selain bangga dan bersyukur, Burhan menekankan selama di negeri orang, mahasiswa diminta menjaga nama baik almamater dan menjaga kesehatan. (Siedoo) 

 

Net/NSK

Apa Tanggapan Anda ?