Kepala Program Studi Pasca Sarjana Ilmu Akuntasi FEB UI, Yulianti Abbas, M.E., Ph.D mendapatkan penghargaan Government And Non Profit Section Outstanding Dissertation Award 2018. foto: ui.ac.id

Internasional Tokoh

Pemenang Desertasi Akuntansi Terbaik Dunia Adalah Orang Indonesia


JAKARTA -  Yulianti Abbas, M.E., Ph.D baru saja mendapat penghargaan kelas dunia di bidang akuntansi. Kepala Program Studi Pasca Sarjana Ilmu Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) ini mendapatkan penghargaan Government And Non Profit Section Outstanding Dissertation Award 2018 di Washington DC, Amerika Serikat, awal Agustus 2018.

Atas raihan tersebut, semakin membuatnya untuk terus berkarya. Target kedepannya adalah terus menulis dan mempublikasikan paper-paper baru.

“Harapan saya juga terkait paper-paper dari disertasi yang telah dibuat ini, bisa diterima di jurnal-jurnal bereputasi bagus seperti di kisaran Q1 dan Q2,” akunya sebagaimana ditulis di laman ui.ac.id.

Yang memberi penghargaan tersebut adalah American Accounting Association (AAA). Organisasi ini merupakan sebuah organisasi akuntan untuk para akademisi akuntansi terbesar di dunia yang terletak di Amerika Serikat.

Pada pertemuan tahunan tahun 2018, AAA memberikan penghargaan dalam berbagai bidang akademi akuntansi, seperti sistem informasi akuntansi, perpajakan, audit, pelaporan keuangan, pemerintahan dan nirlaba, serta bidang akuntansi Internasional dan manajemen.

Judul disertasi yang ditulis Yulianti pada saat mengambil program doktor di Indiana University-Bloomington berjudul “Municipalities Disclosure : Current Practices and Value Relevance In The Municipal Market” membuatnya  memeroleh penghargaan disertasi terbaik di bidang akuntansi pemerintahan dan nirlaba.

“Karena di Indonesia, pembiayaan dengan obligasi bagi pemerintah daerah masih belum berkembang. Jadi saya ingin tahu mengapa pembiayaan dengan obligasi bagi pemerintah daerah di Amerika bisa jadi sesuatu yang berkembang dan bagaimana peran akuntansi dalam menunjang proses pembiayaan tersebut,” tutur Yulianti. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang