Rundown Harmoni Indonesia 2018 - Jawa Barat.

Nasional

Serentak, Harmoni Indonesia Menyambut Asian Games


JATINANGOR – Berbagai kota di Nusantara serentak menggelar konser akbar “Harmoni Indonesia 2018”. Konser ini digelar untuk memaknai momentum Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia, sekaligus menyambut gelaran Asian Games 2018, dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Adapun lokasi utama penyelenggaraan konser ini digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Acara digelar atas inisiasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, dengan mendelegasikan kepada para rektor perguruan tinggi di 34 kota. Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat menjadi koordinator penyelenggara kegiatan “Harmoni Indonesia 2018” untuk wilayah Provinsi Jawa Barat. Selain di dalam negeri, ajang bernyanyi bersama juga digelar beberapa kota besar di luar negeri pada Minggu (5/8/2018).

“Ini kepercayaan yang diberikan kepada Unpad. Filosofinya, kegiatan ini dilakukan untuk membangun harmoni bangsa,” kata Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad.

Di stadion Gelora Bung Karno, kegiatan ini ditargetkan akan dihadiri kurang lebih 30 ribu peserta. Sementara di Bandung ditargetkan akan dihadiri 3.000 peserta dan di seluruh daerah ditargetkan akan dihadiri puluhan ribu peserta.

Pada ajang ini, Unpad menggandeng beberapa institusi pemerintahan, seperti Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Kepolisian Daerah Jawa Barat, Pemprov Jawa Barat, hingga unsur masyarakat luas. Di Bandung , acara akan terpusat di area taman Cikapayang, Bandung.

Seluruh kota penyelenggara kegiatan akan terkoneksi dengan Jakarta melalui siaran live streaming. Digelar serentak dalam satu waktu, sekitar pukul 08.00 WIB, 09.00 Wita, dan 10.00 WIT, seluruh peserta dari 34 kota akan menyanyikan beberapa lagu nasional.

Sasaran peserta pada kegiatan ini adalah kelompok paduan suara mahasiswa/pelajar/pesantren, kelompok paduan suara dan musik TNI dan Polri, paduan suara institusi pemerintahan, paduan suara lintas agama, pekerja seni dan budayawan, serta masyarakat luas.

Dipandu konduktor Addie MS, seluruh peserta akan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa, Mars Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, serta Bagimu Negeri. Selain itu, Presiden RI Ir. Joko Widodo juga memberikan sambutan singkat dan menyapa para peserta dari beberapa kota melalui sambungan telekonferensi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?