Ratusan CPNS diangkat menjadi PNS di Kabupaten Banyumas tahun 2006 silam. foto: radarbanyumas.co.id

Nasional

Sinyal Lowongan CPNS, Dibuka Agustus


JAKARTA – Sehari jelang habisnya bulan Juli 2018, belum ada tanda-tanda dari pemerintah untuk membuka lowongan CPNS. Padahal, sesuai rencana awal pembukaan lowongan tersebut akan dilakukan bulan Mei tahun 2018. Tetapi, karena bulan Juni ada Pilkada serentak di 171 Daerah di Indonesia, akhirnya diinfokan akan digelar sekitar bulan Juli atau setelah pesta demokrasi tersebut.

Lalu, apakah pemerintah akan mengumumkan pembukaan lowongan di tanggal 31 Juli 2018? sepertinya belum ada tanda-tanda ke situ.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Mudzakir menyatakan, pihaknya terus memproses menuju pengumuman.

“Kami ingin semua proses menuju pengumuman telah dipersiapkan dan diperhitungkan dengan cermat. Kami ingin lebih cepat lebih baik. Mohon masyarakat sabar menunggu,” katanya sebagaimana ditulis detik.com.

Usai Pilkada Serentak 27 Juni lalu, diinfokan santer bahwa ada dua pilihan bulan untuk pembukaan tersebut, Juli dan Agustus. Karena hingga kini belum ada tanda-tanda bisa dipastikan akan dibuka Agustus 2018.

“Pak Menteri menyampaikan akhir Juli atau awal Agustus sebagai ancar-ancar,” tandasnya.

“Tentu proses penetapan formasi yang cermat juga sering beliau tekankan,” tambahnya.

Rencana dibukanya pengumaman di tahun 2018 ini menyedot animo masyarakat. Sebagian mereka sudah mempersiapkan diri untuk mengurus dokumen administrasi, bila memang dibutuhkan sebagai kelengkapan pendaftaran.

Hal ini seperti yang terjadi di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimatan Selatan. Yang diurus diantaranya seperti, membuat KTP dan dokumen pendukung lain.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat, Ardiansyah mengaku ada info sementara bahwa pengumuman penerimaan CPNS dibuka awal Agustus.
Dinyatakan, di daerah tersebut sudah tiga tahun tidak membuka CPNS. Tiap tahun rata-rata yang pensiun mencapai 100 orang. Sehingga, selama tiga tahun itu, di Tapin kekurangan sekitar 300 pegawai.

“Mudah-mudahan ada penerimaan CPNS tahun ini. Sehingga, dapat menutupi kekurangan PNS yang telah pensiun tersebut,” katanya dilansir dari banjarmasinpost.co.id.

Apa Tanggapan Anda ?