Ilustrasi pendidikan.

Opini

Sudah Saatnya Belajar Online


Siedoo, Sebelum membahas tentang belajar online, kita ubah dahulu “mind set” kita tentang belajar di era digital ini. Bahwa, (1) belajar tidak selalu berada di dalam kelas, (2) belajar tidak selalu membuka buku, (3) penilaian tidak selalu berasal dari tugas yang ditulis di atas buku tulis, dan (4) belajar tidak selalu untuk nilai.

Di era digital saat ini, sudah banyak situs-situs belajar online yang sangat membantu siswa untuk belajar secara mandiri. Dalam penggunaannya untuk belajar online, situs-situs ini mengizinkan siswa untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengaksesnya melalui komputer dengan akses internet.

Di negara-negara maju, konsep belajar online terus digunakan dan dikembangkan. Pendidikan di Indonesia sudah semestinya mulai mengembangkan belajar online, ini karena banyak keuntungan yang bisa didapat. Keuntungan siswa mengakses situs belajar online antara lain:

Kebebasan Belajar

Siswa bisa memilih konten atau keterampilan apa yang ingin dipelajari. Sehingga, pengetahuan siswa akan bertambah dan bisa menunjang pengalaman belajar di sekolah. Siswa tidak perlu menunggu guru untuk menjelaskan materi belajar karena siswa bisa mempelajarinya di rumah. Jika ada yang belum dimengerti, maka saat di sekolah, siswa bisa bertanya kepada guru.

Adanya Interaksi

Siswa bisa bertanya langsung di kolom diskusi jika ada konten yang tidak dimengerti. Diskusi ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling memberikan pengetahuan. Siswa harus pahami, bahwa dasar dari belajar adalah adanya interaksi.

Saling bertukar pikiran membuat siswa bisa memahami karakter orang lain dan mengajarkan kepadanya, bahwa tidak ada orang yang paling pintar.

Keterbukaan

Semua konten yang ada di dalam situs sangat memungkinkan siswa mengaksesnya. Tidak ada batasan untuk memperoleh pengetahuan. Bahkan, ada konten untuk mengetes kemampuan belajar siswa.

Dari tes tersebut, siswa bisa melihat skor kemampuan belajarnya. Skor yang diraih sangat objektif atau apa adanya. Jika siswa mau mengulang tes, sangat dibolehkan.

Skor yang terkumpul dapat digunakan untuk membuka konten “khusus”. Siswa harus pahami kembali, bahwa belajar sangat membutuhkan pengulangan.

Keragaman

Konten yang ada di dalam situs belajar online sangat beragam dan menarik. Siswa akan terus dimanjakan oleh pengetahuan-pengetahuan baru yang menambah semangatnya untuk belajar. Materi-materi belajar di sekolah akan lebih mudah dipelajari, jika siswa sudah terlebih dahulu mendapatkan pengetahuan.

Konten-konten yang ada di dalam situs belajar online antara lain:

1. Video Belajar. Konten ini berisi video-video tentang pelajaran yang bisa ditonton berulang-ulang. Sehingga, siswa bisa terus mempelajari materi yang siswa inginkan kapanpun dan di manapun.

2. Mengunduh Materi Belajar. Siswa bisa mengunduh salinan slide power point, teks materi, audio, atau bentuk materi lainnya. Siswa tidak perlu repot-repot lagi untuk memfotokopi materi saat ke sekolah. Ketika ada tugas dari guru, siswa bisa dengan mudah mendapatkan materi.

3. Penghargaan. Siswa bisa mendapat penghargaan berupa poin, jika berhasil menyelesaikan tugas atau tes yang ada di situs belajar online. Poin ini bisa siswa gunakan untuk membuka konten “khusus”. Konten khusus ini dibuat sebagai bentuk motivasi kepada siswa agar terus berjuang, jika ingin mendapatkan sesuatu.

Seluruh elemen pendidikan tidak boleh takut dengan kemajuan teknologi di era digital ini. Sehingga, menjadi penghambat laju perkembangan pendidikan. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penggunaan gadget sudah menjadi kebutuhan siswa sehari-hari.

Tentunya, hal ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Oleh karena itu, sudah saatnya siswa belajar online dan berani menghadapi tantangan era digital untuk siswa dan pendidikan di Indonesia.


*Achmad Abimubarok
Mahasiswa Pascasarjana UHAMKA Jakarta

Apa Tanggapan Anda ?