Ilustrasi. Beberapa siswa saat di hadapan komputer. Perkembangan teknokogi mendorong siswa dan guru untuk memanfaatkan internet.

Teknologi

4+5 Macam Manfaat Internet pada Bidang Pendidikan

Siedoo.com, Berita Pendidikan — Sebelum kita membahas macam manfaat internet pada bidang pendidikan, terlebih dahulu kita ingat pelajaran ekonomi. Dulu, kita mengenal kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder. Kita sudah mengetahui mana kebutuhan primer, sekunder, dan mana yang tersier.

Kemudian dalam era sekarang ini muncul yang namanya internet. Pada awal masuknya teknologi internet di Indonesia, internet merupakan barang mahal. Bisa saja, hanya orang mampu yang menggunakan internet.

Tetapi seiring perkembangan teknologi, kebutuhan akan internet ini, semakin merata di semua bidang. Manfaat internet semakin dirasakan masyarakat luas. Tak terkecuali manfaat yang dirasakan para pelajar, mahasiswa, guru, dosen, dan semua pihak untuk mendukung bidang pendidikan.

Ada banyak manfaat internet pada bidang pendidikan. Tetapi Team Siedoo telah merangkumnya untuk anda. Terangkum 4+5 manfaat (4 Manfaat untuk guru, dan 5 Manfaat untuk siswa) yang penting dari Internet pada bidang pendidikan. Itu antara lain :

Manfaat Internet Untuk Guru

Penggunaan internet dalam bidang pendidikan sebenarnya sangat dirasakan manfaatnya para guru. Manfaat internet secara luas untuk memperbaiki kualitas guru. Hal tersebut baru bisa dirasakan manfaatnya jika para guru mengetahui cara berinternet dengan sehat. Manfaat internet untuk para guru antara lain :

1. Mempermudah mencari bahan ajar

Untuk dapat mengajar dengan benar dan dapat mentransfer ilmu dengan mudah, guru harus mempunyai pengetahuan tentang materi yang akan diajarkan. Guru dapat memanfaatkan internet untuk mencari referensi/informasi tentang materi yang akan diajarkan. Jika guru mempunyai materi yang banyak, maka siswa akan mendapatkan materi yang bermanfaat juga. Karena hanya 80% materi yang akan diserap oleh siswa.

Jika guru tersebut menguasai materi yang akan diajarkan sebanyak 60%, maka siswa yang diajar akan menyerap materi sebanyak 40% saja. Jika itu terjadi maka bisa dipastikan kualitas siswa akan rendah.
(Baca : Tiga Mesin Pencari Terlengkap di Dunia Maya)

2. Guru dapat mempelajari metode pengajaran yang lebih menarik

Metode pengajaran ada banyak cara. Guru mengajar dengan metode A secara terus menerus dan siswa yang diajar tidak paham, maka yang menjadi korban adalah siswa. Sebagai guru harus sadar dan mengetahui apakah ada yang salah dengan cara mengajarnya. Hal itu dapat diketahui jika guru mengetahui beberapa metode pengajaran. Jika metode A gagal, masih ada metode B, C, dll. Metode-metode pengajaran tersebut banyak terdapat di internet jika guru mencarinya.

3. Manfaat Internet Sebagai media diskusi antar guru

Sebagai guru, pasti punya suatu group pada satu mata pelajaran yang disebut MGMP. Kepanjangan dari MGMP adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Dalam mempersiapkan materi agar update, maka perlu adanya diskusi. Dengan adanya internet, diskusi dapat dilakukan tanpa harus ketemu/datang disuatu lokasi. Dengan demikian, dapat menghemat waktu dan biaya. Tinggal buat pengumuman diskusi akan dilakukan hari dan jam berapa maka diskusi dapat berjalan.

4. Terdapat fasilitas multimedia

Di Internet terdapat fasilitas multimedia yang sangat membantu untuk memvisualisasikan ketika guru menjelaskan ke siswa. Biasanya guru hanya menggambarkan secara garis besar materi yang diajarkan. Dengan adanya media multimedia yang sudah banyak tersedia di internet, maka guru tinggal download dan menngunakannya ketika mengajar.

Dengan demikian, siswa dapat melihat langsung gambar/video tentang materi yang diajarkan. Dengan adanya multimedia juga, maka kuliah jarak jauh dapat dilakukan. Karena kurang meratanya kualitas guru, maka sekolah jarak jauh dapat menjadi solusi.
(Baca : Informasi Pendidikan Online dari Pelosok Indonesia)

Manfaat Internet Untuk Siswa

Selain bermanfaat untuk guru, internet juga bermanfaat untuk para siswa. Dengan adanya internet maka siswa dapat mencari/belajar kapanpun dia inginkan. Jika tidak ada internet, maka siswa hanya akan bisa menanyakan materi yang tidak bisa kepada guru atau orang tuanya masing-masing. Akan tetapi jika ada internet, maka siswa dapat mencari jawaban yang tepat.

Manfaat internet untuk siswa antara lain :

1. Mempermudah mencari materi pelajaran.

Siswa yang mempunyai keinginan yang maju maka keinginan belajar dan rasa ingin taunya tinggi. Dengan adanya internet, siswa akan mudah mencari materi pelajaran.

2. Adanya Fasilitas Multimedia

Tidak hanya guru, siswa juga akan mudah memahami sesuai dengan bentuk visual (gambar & video). Siswa lebih mudah mengingat materi jika dalam bentuk gambar/video.

3. Penyedia Informasi Murah

Di internet semua informasi ada dan kebanyakan free/bebas di download atau dibaca. Jadi, bisa dikatakan informasi yang ada di internet disediakan free untuk dapat dimanfaatkan dengan optimal. Sehingga siswa dapat mencari pelajaran tambahan jika materi yang ada masih dirasa kurang.

4. Mendorong Penguasaan Bahasa Asing

Banyak artikel yang ada di internet berbahasa asing. Hal ini dapat mendorong/melatih siswa dalam membaca dan memahami kalimat dalam bahasa inggris. Jika tidak dengan internet, siswa akan malu/ragu belajar bahasa inggris secara langsung. Dengan membaca/belajar bahasa inggris di internet secara continue, maka pelan-pelan siswa akan bisa/memahami bahasa inggris.

5. Tempat mencari Beasiswa

Jika tidak ada internet, maka suatu informasi akan lama tersebar ke masyarakat. Dan bahkan bisa jadi tidak mengetahui karena sulitnya informasi tersebar terutama informasi beasiswa. Dengan adanya internet, maka informasi beasiswa akan dengan mudah tersebar ke masyarakat.

Dengan 4 manfaat untuk guru dan 5 manfaat untuk siswa, semoga pembaca dapat mengoptimalkan manfaat internet pada bidang pendidikan. Manfaat internet untuk hal positif, karena semakin banyak penggunaan merasakan manfaat internet untuk hal positif maka akan mengurangi hal negatif. Jadikan internet menjadi kebutuhan pokok dalam hal positif.

Sekarang internet sudah menjadi kebutuhan sekunder, bukan lagi kebutuhan tersier. Karena setiap orang sudah mempunyai smartphone agar mudah terhubung dengan internet. Mungkin sebentar lagi internet menjadi kebutuhan pokok yang harus ada dengan adanya smart city.

Apa Tanggapan Anda ?