Nasional

Perpuseru Beri 100 Server ke 100 Perpusdes

JAKARTA - Perpuseru, yang merupakan CSR dari Coca Cola Foundation, kali ini memberikan fasilitas server kepada 100 perpustakaan desa dari 600 perpustakaan desa mitra perpuseru yang tersebar di Indonesia. Perpuseru yang sebelumnya telah memberikan komputer kepada 600 perpustakaan desa tersebut, dirasa sudah cukup berhasil membuat minat kunjungan masyarakat untuk ke perpustakaan desa. Terutama dalam menggunakan fasilitas Internet.

Dengan adanya server yang dilengkapi dengan aplikasi kunang-kunang, memudahkan pengelola perpustakaan dalam mendata pengunjung pengguna internet. Sehingga, data valid tersebut dapat digunakan untuk memetakan kebutuhan masyarakat.

Pemberian server yang dilaksanakan berbarengan dengan pelatihan sistem informasi manajemen selama 3 hari dari di Bekasi ini dihadiri perwakilan 100 pengelola perpustakaan desa penerima server tersebut. Erlyn Sulistyaningsih, Direktur Perpuseru Indonesia menyampaikan bahwa pentingnya sebuah data pengguna internet perpustakaan.

"Pentingnya sebuah data pengguna internet perpustakaan yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan advokasi kepada pemangku kebijakan untuk majunya perpustakaan desa," ungkap Erlyn.

Sebelum ini, server kunang-kunang juga telah diujicobakan di perpustakaan daerah masing-masing kabupaten dan benar dirasakan manfaatnya. Seperti yang diungkapkan Iman, salah satu pengurus perpustakaan daerah Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

"Dengan server kunang-kunang dari perpuseru, kami mendapatkan data lengkap, siapa saja pengguna internet. Baik melalui komputer perpustakaan maupun melalui perangkat mobile para pengguna," jelasnya.

Bahkan, dengan aplikasi ini ia juga mengetahui pengguna internet yang belum menjadi anggota perpustakaan. Detail tentang data umur, jenis kelamin, jam penggunanya dan situs yang dikunjungi.

"Selain itu kami juga dapat blokir situs yang tidak pantas untuk diakses," ungkap Iman.

Harapan hampir serupa juga disampaikan para penerima server dari masing-masing perpustakaan desa. Seperti yang diungkapkan Tini, salah satu pengelola perpustakaan desa Congkrang Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berharap, agar fasilitas ini bermanfaat dan dapat membantu pendataan.

"Kami berharap, dengan kunang-kunang ini dapat bermanfaat dan perpustakaan desa kami semakin maju dan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat," tandasnya.

Apa Tanggapan Anda ?