Rektor Untidar
Siedoo.com -
Daerah

Berusia 4 tahun, Ini Sederet Prestasi Nasional dan Internasional Untidar

MAGELANG – Setelah dinobatkan statusnya menjadi perguruan tinggi negeri, Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah genap berusia empat tahun. Rentetan prestasi mampu ia raih di berbagai bidang. Sebagai perguruan tinggi negeri, Untidar terus berbenah dan meningkatkan kualitas pada berbagai bidang. Yaitu, akademik, umum dan keuangan serta kemahasiswaan.

Pada Dies Natalis ke-4 ini, mengusung tema “Untidar bersinergi dalam berkarya dan berinovasi”. Sivitas akademika yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan dalam rangka mengemban tugasnya, ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, harus selalu berkerja sama. Sehingga, mampu menghasilkan karya dan inovasi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Kampus Untidar akan berkembang dengan baik jika dikelola secara kolektif dan kolegial melibatkan semua komponen yang ada. Pada awal tahun 2018, Universitas Tidar memperoleh penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Satker dengan Rapor Terbaik ke-2 dalam Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Tahun Anggaran 2017 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Untidar memperoleh nilai 60,02 atau predikat B (Baik). Penghargaan ini merupakan pembuktian bahwa Untidar terus berupaya meningkatkan kualitas khususnya pada bidang akuntabilitas kinerja sebagai perguruan tinggi negeri baru.

Pada penghujung tahun 2017, Untidar juga turut berpartisipasi bersama 24 perguruan tinggi lain dari seluruh Indonesia dalam Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Indonesia (PKBNMI). Untidar mengirimkan 27 mahasiswa berlayar menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin berlayar dari Dermaga Ujung, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Surabaya menuju Komando Utama Pembinaan dan Operasional (Kolinlamil) Kawasan Barat DKI Jakarta.

Dalam kurun waktu April 2017-Maret 2018, tercatat beberapa prestasi gemilang mahasiswa Untidar di kancah Nasional maupun Internasional. Prestasi tersebut diantaranya Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Grandio Sonora Tidar berhasil memperoleh 2 medali emas dan 1 perak dalam ajang 5th Vietnam International Choir 2017 yang berlangsung pada 7 – 11 Juni 2017 di Hoi An, Vietnam.

Baca Juga :  Kasmah, Siswi SMKN 1 Simpang Jernih Juara Renang O2SN

Di tingkat nasional, prototype mobil hemat energi karya mahasiswa D3 Teknik Mesin, Elang Untidar mendapatkan penghargaan sebagai The Best Rookie atau pendatang baru terbaik dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang berlangsung Selasa-Sabtu 7-11 November 2017 di Sirkuit Kenjeran Park Surabaya. Januari 2018 lalu, Panitia Sayembara Desain Arsitektur Gedung Rektorat (Sidotopo) Universitas Tidar menetapkan desain dengan judul “Pakuning Ilmu Tanah Jawi” karya Tim Rahadhian Prajudi Herwindo sebagai juara 1.

Mengusung konsep yang terinspirasi dari Gunung Tidar, Candi Borobudur dan Joglo (rumah tradisional jawa), desain gedung 10 lantai ini nantinya akan dibangun di Desa Kedungsari, Sidotopo, Magelang Utara, Kota Magelang pada 2020 mendatang. Usia 4 tahun merupakan usia yang masih sangatlah muda untuk menjadi sebuah perguruan tinggi negeri yang terbaik. Namun, di usia ini segenap sivitas akademika Untidar terus berusaha berbenah, berkarya dan berinovasi.

“Sehingga dapat memberikan kebermanfaatan bagi seluruh masyarakat Kota Magelang khususnya dan Indonesia pada umumnya. Dirgahayu Universitas Tidar,” demikian Staf Humas Untidar Kusumo Wardani, S.I.Kom.

Apa Tanggapan Anda ?