Tokoh

OGN Sebagai Ajang Mengukur Kompetensi Guru

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

Siedoo, MENJADI guru tidak hanya sekedar mentransfer ilmu ke peserta didik. Namun dituntut lebih meningkatkan kompetensi profesional dan paedagogik guna meningkatkan mutu pendidikan.

Salah satu cara mengukur kemampuan profesionalisme dan paedagogik, guru dapat mengikuti berbagai macam lomba atau olimpiade baik di tingkat daerah/lokal, regional maupun tingkat nasional. Seperti dilakukan Siti Ngaisah, S.Pd, guru Matematika SMP Negeri 3 Tempuran Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah.

Menurutnya, mengikuti Olimpiae Guru Nasional Pendidikan Dasar (OGN Dikdas) bukan untuk mencari juara, namun sebagai ajang mengukur kemampuan diri utamanya mengukur kemampuan profesionalisme dan paedagogiknya.

Tahun 2018 ini dia tidak merasa kecewa meski baru meraih peringkat ke-2 OGN Dikdas guru mata pelajaran SMP di tingkat Kabupaten Magelang. Siti Ngaisah banyak mendapat pengalaman saat mengikuti ajang ini. Kompetisi yang memberi motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan dirinya sebagai seorang guru SMP.

Meskipun mengajar di SMP pelosok namun guru kelahiran Magelang 9 September 1981 ini selalu semangat untuk berinovasi dalam bertugas secara profesional. Penguasaan perangkat pembelajaran, teori belajar, dan model pembelajaran senantiasa ditingkatkan.

OGN Dikdas memotivasi guru untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, profesionalisme, dan kinerja guru pendidikan dasar di seluruh pelosok tanah air. Peningkatan kompetensi tersebut akan berdampak positif terhadap karier dan mutu pendidikan.

Menurut Siti Ngaisah OGN Dikdas sangat bagus diikuti oleh guru SD dan SMP mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan. Siti mengaku mengikuti berbagai ajang kompetisi guru sejak bertugas sebagai guru di SMP Negeri 3 Pakis Kabupaten Magelang tahun 2004. Sejak tahun 2010 dia diberi tugas mengajar di SMP Negeri 3 Tempuran hingga saat ini.

Diketahui, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Subdit Kesharlindung telah melaksanakan OGN Dikdas sejak tahun 2016. Olimpiade Guru Nasional pada tahun 2018 bagi guru kelas SD dan mata pelajaran SMP ini merupakan pelaksanaan kegiatan OGN Dikdas tahun ketiga. Peserta dalamkegiatan OGN Dikdas 2018 terdiri atas Guru Kelas SD dan Guru SMP. Untuk peserta SMP meliputi guru mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Pelaksanaan OGN Dikdas diawali dengan seleksi administratif secara daring (online) di tingkat kabupaten/kota. Peserta yang berhasil lolos seleksi akan diikutsertakan dalam seleksi tingkat provinsi. Peserta yang lolos seleksi tingkat provinsi akan menjadi finalis tingkat nasional.

 

Narwan, S.Pd

Guru SD Negeri Jogomulyo Kecamatan Tempuran

Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?