MEDIA. Pelatihan Media Digital Wordwall di MIM Teladan Kota Magelang. (foto: unimma)
Siedoo.com - MEDIA. Pelatihan Media Digital Wordwall di MIM Teladan Kota Magelang. (foto: unimma)
Daerah Pendidikan

UNIMMA Kembangkan Terobosan IPTEK DCM Berbasis Filantropi di MIM Teladan Kota Magelang

MAGELANG, siedoo.com – Dosen dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) Jalin kerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Teladan Kota Magelang dalam bidang IPTEK.

———

Yang dikembangkan adalah Digital Community Management (DCM) berbasis filantropisosial untuk implementasi Kurikulum Merdeka di MIM Teladan.

Hal ini merupakan sebuah inisiatif yang menggabungkanteknologi, manajemen komunitas, dan filantropi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Kegiatan didukung dan didanai Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat (LPPM) UNIMMA. IPTEK ini terdiri dari tujuah langkah kegiatanyang terdiri dari:

1. Pendahuluan dan Konteks: Adanya KurikulumMerdeka sebagai dasar pengembangan pendidikan di MI Muhammadiyah Kota Magelang.

2. Pembentukan IPTEK Digital Community Management: Pembentukan tim atau komunitas yang terdiri dari para ahli teknologi, manajemen, dan filantropi.

3. Analisis Kebutuhan MI Muhammadiyah: Survei dan analisis kebutuhan pendidikan di MI Muhammadiyah, termasuk infrastruktur, kurikulum, dan sumber daya manusia.

4. Pengembangan Platform Digital: Pembuatan platform digital untukmendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Integrasi teknologipembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan MI Muhammadiyah.

5. Pelatihan dan Pembinaan: Pelatihan bagi guru, siswa, dan orang tua mengenai penggunaan platform digital dan implementasiKurikulum Merdeka.

6. Aksi Filantropis: Penggalangan dana dan sumberdaya melalui program filantropis untuk mendukung keberlanjutan

7. Monitoring dan Evaluasi: Penetapan indikator kinerja dan pengukuran keberhasilan program secara berkala.

Pengabdian yang diketuai oleh Dr. Rasidi, M.Pd ini mengarahkan pengembangan satuan pendidikan untuk mengikuti perkembangan zaman dan berpihak pada kepentingan murid.

Rasidi menuturkan kegiatan IPTEK ini sebagaiwujud bakti civitas akademika UNIMMA untuk berkontribusi pada masyarakat pendidikan dengan integrasi keilmuan dan hasil penelitian.

Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) iniberanggotakan lima mahasiswa. Yaitu, Hendra Azis, Galih Istanto, Yusuf Dwi Permadi, Yuni Safira, Nita Nisaul Aulia.

Pada 13 Januari 2023, pengembangan platform digital untuk pendidikan dilakukan dalam bentuk Pelatihan Media Digital “Wordwall” di sekolah tersebut.

Baca Juga :  UNIMMA Bersinergi dengan Sriboga Gelar Sharing Bisnis UMKM

“Wordwall adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai template untuk membuat kuis, game, katakata, dan lainnya untuk kelas,” katanya.

Kegiatan pelatihan ini difokuskan pada pengenalan dan pemanfaatan platform pembelajaran daring dengan pemanfaatan media pembelajaran “wordwall”.

Dalam kegiatan ini para peserta memahami fitur, fungsi dan belajar cara menciptakan berbagai aktivitas pembelajaran pada platform wordwall tersebut.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pesertapelatihan dalam memanfaatkan teknologi digital, khususnya plafrom wordwall.

Tujuan utama diadakannya pelatihan meningkatkankualitas pengajar melalui penggunaan platform wordwall ini, memungkinkan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan menarik.

Peserta pelatihan media digital ini mencakup semua guru dan karyawanyang terdapat di MIM Teladan Kota Magelang.

Guru-guru yang berjumlah 20 orang dan 3 orang karyawan. Kegiatan pelatihan ini dilakukan Yusuf Farel Trisyandhi sebagai pemateri. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?