BERPOSE. Sebelum tampil dalam gelaran P5, siswi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur berpose bersama. (foto: fatih/siedoo)
Siedoo.com - BERPOSE. Sebelum tampil dalam gelaran P5, siswi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur berpose bersama. (foto: fatih/siedoo)
Daerah

SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Bangun Karakter Siswa Unggul Melalui P5

MAGELANG, siedoo.com – SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Magelang, Jawa Tengah kembali menunjukkan komitmennya dalam pendidikan karakter dengan menyelenggarakan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), baru-baru ini.

———

Kegiatan ini menjadi wadah bagi para siswa untuk mendalami nilai-nilai Pancasila, menggali pemahaman mendalam tentang kebangsaan, serta memupuk sikap positif yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

P5 sekolah tersebut dilaksanakan dengan antusiasme tinggi dari seluruh peserta. Acara dibuka dengan sambutan Kepala SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Sri Pangestuti, S.Pd. Ia menekankan pentingnya memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa-siswi terlibat dalam berbagai kegiatan, seperti seminar tentang Pancasila dan kebangsaan, diskusi kelompok, serta lokakarya seni budaya.

Melalui kegiatan-kegiatan ini, mereka diberikan kesempatan untuk menyelami nilai-nilai Pancasila secara lebih mendalam dan merancang proyek-proyek kecil yang dapat diimplementasikan dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat sekitar.

Salah satu kegiatan yang menarik perhatian banyak peserta adalah proyek kreatifitas seni yang menggambarkan makna dari setiap sila Pancasila. Karya seni yang dihasilkan mencerminkan pemahaman mendalam dan interpretasi unik siswa terhadap nilai-nilai luhur Pancasila.

Sri Pangestuti menyatakan P5 merupakan langkah konkret untuk melibatkan siswa secara aktif dalam memahami dan mengimplementasikan Pancasila.

“Melalui P5, kami ingin membentuk siswa-siswa kami menjadi individu yang bukan hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat, bermoral, dan cinta akan kebangsaan,” ujarnya dengan penuh semangat.

Para guru dan pembimbing proyek P5 turut memberikan dukungan penuh terhadap partisipasi siswa. Mereka berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa dalam mengembangkan pemahaman, kreativitas, dan keterampilan sosial melalui proyek-proyek yang mereka rancang.

Siswa yang telah mengikuti kegiatan P5 ini berkesempatan untuk mempresentasikan hasil-hasil karya mereka di hadapan seluruh komunitas sekolah dan orang tua pada acara penutupan.

Baca Juga :  SMPN 8 Kota Magelang Sampaikan Sains Bersama Institusi dari Jerman

Proses ini tidak hanya menjadi ajang apresiasi terhadap prestasi siswa, tetapi juga kesempatan untuk merayakan keberhasilan kolektif dalam memperkuat karakter bangsa melalui nilai-nilai Pancasila.

Dengan suksesnya P5 di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, harapannya para siswa akan terus mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari mereka, menjadi agen perubahan positif dalam membangun masyarakat yang lebih baik. (fatih/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?