MENGAJAR. Guru PAI  SD ITQ As Syafi’ iyah, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah Nurul Faizah saat mengajar di kelas. (foto: ist)
Siedoo.com - MENGAJAR. Guru PAI  SD ITQ As Syafi’ iyah, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah Nurul Faizah saat mengajar di kelas. (foto: ist)
Opini

Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di SD ITQ As Syafi’iyah

Siedoo, Sebagai penulis dan peneliti di bidang pendidikan, saya, Nurul Faizah, ingin berbagi hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang saya lakukan di SD ITQ As Syafi’iyah, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Sekolah ini menghadapi tantangan nyata dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas IV. Responsnya adalah penerapan pendekatan inovatif dalam proses pembelajaran.

Tantangan yang Diatasi: Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas IV menjadi pemantik perubahan. Saya menyadari bahwa metode konvensional tidak lagi memadai. Itulah alasan saya memutuskan untuk menjalankan penelitian tindakan kelas ini.

Pendekatan Inovatif: PBL dan Media Audio Visual

Penelitian dilakukan dalam dua siklus, melibatkan 16 siswa kelas IV. Saya menerapkan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Problem Based Learning (PBL), dan memanfaatkan media Audio Visual sebagai pendukung pembelajaran Al-Qur’an.

Hasil yang Menggembirakan dan Respons Siswa

Data tes awal dan tes akhir menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Selain itu, observasi selama proses pembelajaran mencerminkan tingkat keterlibatan yang lebih baik dan respons positif siswa terhadap metode pembelajaran yang diterapkan.

Dampak Positif di Sekolah dan Harapan untuk Masa Depan

Guru melaporkan peningkatan dalam partisipasi siswa dan respons positif mereka terhadap materi Al-Qur’an. Pada siklus kedua, tercapai tingkat ketuntasan belajar sebesar 90%. Saya berharap bahwa inovasi ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan pembelajaran keagamaan mereka.

Kesimpulan: Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Efektif

Melalui inovasi ini, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Kesuksesan ini tidak hanya tercermin dalam hasil tes, tetapi juga dalam semangat belajar siswa dan partisipasi aktif mereka.

Baca Juga :  Membangun Karakter Siswa, Guru Dapat Lakukan 7 Hal Berikut

Melangkah ke Depan: Inovasi dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Langkah ini adalah contoh nyata bahwa dunia pendidikan selalu terbuka untuk perubahan dan inovasi demi peningkatan kualitas pembelajaran. Sebagai kontributor khusus, saya senang berbagi pengalaman ini dan berharap lebih banyak sekolah mengadopsi praktik-praktik inovatif seperti yang telah diimplementasikan oleh SD ITQ As Syafi’iyah. (*)

Penulis

Nurul Faizah

Guru PAI  SD ITQ As Syafi’ iyah, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?