PENGHARGAAN. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz di Gedung Manggala Wanabakti kantor KLHK, Jakarta, Selasa (29/8/2023). (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - PENGHARGAAN. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz di Gedung Manggala Wanabakti kantor KLHK, Jakarta, Selasa (29/8/2023). (foto: prokompimkotamgl)
Nasional

Selamat! Kota Magelang Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 dari Pemerintah Pusat

MAGELANG, siedoo.com –  Kota Magelang menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2022 Kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.
———
Piagam penghargaan diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz di Gedung Manggala Wanabakti kantor KLHK, Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah maupun pimpinan DPRD atas kepemimpinannya yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Salah satu faktor kunci untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah tersedianya data dan informasi lingkungan bagi seluruh pihak.

Penghargaan Nirwasita Tantra 2022 didasarkan pada penilaian Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun pada tahun 2022.

“Oleh karena itu penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) menjadi bagian dari pijakan untuk pelaksanaan dan pengembangan pengelolaan lingkungan hidup,” kata Sekretaris Jenderal KLHK RI, Bambang Hendroyono.

DIKPLHD sebagai acuan media data dan informasi untuk memotret kondisi lingkungan (state), permasalahan utama (pressure) yang dapat dimanfaatkan untuk menentukan kebijakan dan atau program prioritas (response) Daerah dalam mengelola lingkungan hidup. (pemkotmgl)

Wali Kota Dokter Aziz menjelaskan, Nirwasita Tantra 2022 adalah penghargaan yang diberikan atas pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik di Kota Magelang.

“Harapan kami penghargaan ini dapat memotivasi warga maupun pemkot agar selalu bersama menjaga. Kedepan kita harus lebih baik lagi, kita bersama menjaga kolaborasi untuk menjaga lingkungan hidup di Kota Magelang,” jelas Dokter Aziz.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Perfilman, Enam Isu Penting Dibahas Mendalam

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, M. Yunus menambahkan, Pemerintah Kota Magelang sudah mendapatkan 3 kali penghargaan tersebut. Prestasi ini merupakan komitmen pimpinan beserta jajarannya baik Eksekutif maupun Legislatif dalam pengelolaan lingkungan hidup

Menurutnya, poin yang perlu ditingkatkan di Kota Magelang adalah lahirnya inovasi-inovasi utamanya yang terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup.

“Harapan ke depan, adanya peningkatan peran masyarakat dan stakeholder terkait untuk turut serta dan berinovasi khususnya dalam pengelolaan Lingkungan Hidup. Peningkatan persentase anggaran di bidang pengelolaan lingkungan hidup atau komitmen dalam penganggaran,” terangnya. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?