UNDIAN. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz melakukan pengundian. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - UNDIAN. Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz melakukan pengundian. (foto: prokompimkotamgl)
Ekonomi

Bank Magelang Punya Kredit Pro-Master untuk Usaha Mikro Kecil

MAGELANG, siedoo.com – Produk Kredit Pro-Master untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dengan bunga 0,25 persen per bulan tanpa agunan menjadi salah satu produk dari Perumda BPR Bank Magelang. Seperti apa?

———

Kredit Pro-Master adalah program pemberian pinjaman dari Bank Magelang dengan suku bunga sangat murah dalam rangka memperkuat permodalan pelaku Usaha Mikro Kecil di Kota Magelang. Maksimal pinjaman Rp 2,5 juta tanpa agunan.

Direktur Utama Perumda BPR Bank Magelang, Hery Nurjianto menjelaskan, produk tersebut juga untuk memberantas praktik rentenir.

“Selama ini masih banyak pelaku Usaha Mikro Kecil yang belum open minded dengan bank,” jelas Hery.

Hal itu disampaikan di sela-sela acara Penarikan Undian Tabungan Berhadiah BPR Bank Magelang periode Juli tahun 2023 di Hotel Atria Magelang, Rabu (2/8/2023).

Menurut Hery, jika pelaku usaha terlanjur terjerat rentenir, lalu meminjam di bank, bisa berpotensi menunggak membayar angsuran kredit. Nasabah berisiko tidak bisa meminjam modal lagi bahkan bisa di-blacklist oleh bank manapun.

Hery melanjutkan, BPR Bank Magelang berupaya agar debitur kreditnya lancar membayar angsuran, salah satunya dengan memberikan hadiah. Tahun ini adalah kali pertama BPR Bank Magelang menjalankan program hadiah tersebut.

“Selain kami mengundi hadiah untuk nasabah tabungan, juga mengundi hadiah untuk debitur kredit yang angsurannya lancar. Debitur kredit yang dimaksud adalah pelaku Usaha Mikro Kecil, tidak termasuk ASN,” sebut Hery.

Program ini menjadi wujud komitmen BPR Bank Magelang untuk fokus mengembangkam Usaha Mikro Kecil di Kota Magelang. Hadiah tersebut diharapkan menjadi motivasi agar pelaku Usaha Mikro Kecil semangat membayar angsuran.

“Kredit untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil jadi fokus kami ke depan. Maka kami ajak agar mereka juga sadar untuk keberlangsungan usaha itu perlu pendampingan bank, pembiayaan, karena kalau angsuran tidak baik, ke depan bank juga tidak bisa beri pinjaman,” tegasnya.

Baca Juga :  Gelar Pesta Siaga, Bunda Pramuka Kabupaten Magelang: Kembangkanlah Bakatmu

Selain pembiayaan, ke depan BPR Bank Magelang juga akan bekerja sama dengan salah satu lembaga untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada nasabah kredit Usaha Mikro Kecil. Pelatihan seperti bagaimana membuat usaha, membuat laporan keuangan, membranding produk, pengemasan yang menarik, metode penjualannya dan sebagainya.

Sebagai informasi, kinerja keuangan BPR Bank Magelang per Juni 2023 menunjukkan asset mencapai Rp 248,93 miliar, kredit kepada masyarakat Rp 203,93 miliar, perhimpunan dana masyarakat Rp 199,24 miliar dan laba mencapai Rp 1,29 miliar.

Adapun daftar pemenang undian tabungan BPR Bank Magelang adalah sebagai berikut: Mobil Daihatsu Ayla diraih Arif Hermawan warga Potrobangsan; Honda Beat diraih Edy Sutoyo warga Jurangombo Selatan; Yamaha Gear diraih Susilowati warga Tidar Campur, Tidar Selatan; Lemari Es 2 Pintu diraih Sukamti warga Blondo Mungkid dan Sri Hastuti warga Paten Jurang, Rejowinangun Utara.

Kemudian, hadiah Tabungan Pro Master masing Rp 2,5 Juta diperoleh Samsul Anwar warga Kaliangkrik, Wanti Widiastuti warga Bandongan, Ummu Hani Pratiwi warga Magelang Tengah, Tanti Murjayani warga Asrama Armed Gelangan, dan Warti asal Kemirirejo.

Selain itu masih ada hadiah menarik didapatkan nasabah yang beruntung berupa Lemari Es 2 Pintu, Sepeda Gunung, LED TV 32′, dan Mesin Cuci.

Sementara itu, Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz sangat mengapresiasi jajaran BPR Bank Magelang uang telah berinisiatif memberikan hadiah baik kepada nasabah maupun debitur kredit Usaha Mikro Kecil. Menurut laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bank milik Pemkot Magelang ini termasuk bank berkinerja baik dan sehat di Jawa Tengah.

“Saya sangat mengapresiasi Direktur Utama BPR Bank Magelang dan jajaran, karena termasuk bank terbaik di jateng. Menurut OJK bank ini sehat sehingga layak dipercaya oleh masyarakat Kota Magelang,” ungkapnya. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?