BUKA. Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto saat membuka upacara pelatihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2023. (foto: prokompimkabmgl)
Siedoo.com - BUKA. Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto saat membuka upacara pelatihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2023. (foto: prokompimkabmgl)
Daerah

Pelatihan Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Magelang, Sekda: Kalian adalah Orang-orang Pilihan

MAGELANG, siedoo.com –  Pelatihan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2023 dibuka Bupati Magelang yang diwakili Sekretaris Daerah Adi Waryanto. Tempatnya di Pendopo Merapi, Rumah Dinas Bupati Magelang, Senin (24/7/2023).

———

Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang selalu diperingati setiap tahun, menjadi momen berharga bagi pelajar SMA/SMK, untuk mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Menjadi seorang pengibar bendera dapat diraih melalui kerja keras dan proses yang panjang, serta bukan hanya faktor keberuntungan saja, dan itu yang harus disadari sejak awal oleh para calon Paskibraka.

“Kalian adalah orang-orang pilihan yang mewakili sekolah untuk masuk dalam Tim Pengibar Bendera. Untuk itu, kalian sebagai calon Paskibraka harus bisa memberikan hasil yang terbaik melalui latihan dengan sungguh-sungguh, semangat dalam berlatih, tekun dan serius, serta fokus pada tujuan,” tegas Adi.

Lebih lanjut, Adi menerangkan calon Paskibraka mempunyai arti dan peran yang strategis dalam pelaksanaan pengibaran bendera.

Selain itu, calon Paskibra juga akan menerima pembinaan dan penguatan ideologi Pancasila, karena agenda perekrutan paskibraka ini dapat dijadikan sebagai barometer sejauh mana proses pembibitan, pembinaan dan pencapaian Ideologi Pancasila dapat terus bersemayam di kawula muda para penerus bangsa.

“Kita semua berharap melalui pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan mental kepemimpinan, dengan begitu para calon Paskibraka memiliki fisik dan mental yang baik serta sehat pada saat upacara pengibaran dan penurunan bendera dalam rangka Upacara HUT Ke 78 Kemerdekaan RI nanti,” katanya.

Kemudian kepada para orang tua anggota Calon Paskibra Kabupaten Magelang, saya berharap untuk selalu mendukung dan memberikan motivasi terhadap putra-putrinya dalam mengikuti pelatihan calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Magelang selama 18 hari,” harapnya.

Baca Juga :  Jadwal Tes SKB CPNS Magelang Sudah Dirilis, Jangan Lupa Bawa Ini

Ketua Panitia Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2023, M Taufik dalam laporannya menyampaikan, tujuan kegiatan pelatihan Paskibraka yaitu, membentuk mental para peserta menjadi pemimpin, sehingga diharapkan bisa menjadi pemimpin di masa mendatang.

Kemudian untuk menetapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental calon Paskibraka yang akan bertugas pada pelaksanaan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada peringatan HUT RI yang ke-78 di Kabupaten Magelang agar dapat menjalankan tugas dengan maksimal

“Yang ketiga, untuk menumbuhkan persatuan bangsa kalangan generasi muda dan membentuk karakter pemuda yang kuat beriman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga menjadi pemuda yang memiliki akhlak dan moral yang mulia,” papar, M Taufik.

Untuk diketahui, peserta pelatihan calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2023 berjumlah 29 anak yang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 13 anak perempuan yang berasal dari sekolah SMA/SMK di Kabupaten Magelang. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?