Aprilia Dwining Tyas pamerkan medali emas hasil kerja keras saat bertanding.

Tokoh

Aprilia Dwining Tyas Harumkan Nama Magelang

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Momentum Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat September lalu tidak mudah dilupakan oleh Aprilia Dwining Tyas. Gadis yang akrab disapa Tyas merupakan salah satu dari atlet Magelang yang mampu menggondol medali emas. Ia ikut kompetisi di cabang olahraga arung jeram.

Tidak hanya medali emas, ia juga mampu meraih medali perak dalam ajang PON itu. Tyas bertanding bersama kelompok atlet rombongan dari Jawa Tengah. Untuk cabang olahraga arung jeram kategori sprint R6 putri mendapat medali perak dan down river race R6 putri mendapat medali emas.

“Alhamdulillah dalam PON itu, kami dari Tim Jawa Tengah berhasil mengalahkan tuan rumah (Jabar) yang merupakan Juara Dunia dalam World Rafting Championship 2015,” kata Tyas.

Didalam rombongan atlet Jateng, Tyas bergabung atlet dari berbagai daerah. Seperti Wonosobo, Magelang dan Temanggung. Sebelum berangkat ke arena PON, ia mengikuti latihan di Banjarnegara selama sebulan. Mahasiwa Universitas Tidar Magelang ini mengaku tak menduga akan mendapatkan medali emas dan perak.

“Saat pelaksanaan kejuaraan, saya selalu fokus pada jalur pertandingan. Selain itu, juga komunikasi dengan teman,” ujarnya.

Atlet dari Desa Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang ini mengatakan, meski sudah mendapat medali emas dan perak namun tidak menyurutkan niat untuk terus berlatih. Ia tetap berlatih untuk mengikuti perlombaan-perlombaan arung jeram lainnya.

“Masih banyak perlombaan yang akan diikuti kedepan,” tuturnya.

Tidak hanya saat PON, kemampuan Tyas dibidang olahraha juga sudah terbukti. Saat pekan olahraga wilayah Kedu, Pekalongan, dan Banyumas (Dulongmas), ia bergabung dengan tim arung jeram Kota Magelang.

“Pas Dulongmas itu dapet medali tiga perunggu dan satu perak,” ungkapnya.

Meski mendapatkan beberapa medali, ia tidak lupa memikirkan bangku kuliah. Saat ini ia tengah fokus meneruskan aktivitas kuliah terlebih dahulu.

“Kini, waktunya mengejar pelajaran yang kemarin sempat tertinggal ketika mengikuti kejuaraan KONI di Jabar,” ujar mahasiswi Semester I D3 Akutansi, Fakultas Ekonomi Untidar Magelang ini.

Apa Tanggapan Anda ?