UNY. Logo Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Siedoo.com - UNY. Logo Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Daerah Pendidikan

Tahun Akademik Baru, UNY Buka Prodi S3 Ilmu Teknik Berbasis Green Technology

YOGYAKARTA, siedoo.com – Program studi baru dibuka Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tahun akademik 2023/2024.  Yaitu, S3 Ilmu Teknik Fakultas Teknik (FT). Tujuannya, untuk memberi kesempatan masyarakat untuk mengembangkan dan memperdalam ilmunya dalam bidang teknik khususnya bidang doktoral.

———

“Prodi ini memiliki 10 konsentrasi, yaitu teknik elektro, teknik elektronika, teknik informatika, teknik mekatronika, teknik mesin, teknik otomotif, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik lingkungan dan teknik industry,” kata Dekan FT UNY Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D.

Menurut Doktor dari Southern Cross University, Australia tersebut penyelenggaraan proses pembelajaran ini sesuai tuntutan revolusi 4.0 yang menekankan green technology dan memenuhi keinginan pasar yang sangat banyak tentang ilmu teknik.

Dengan kesepuluh konsentrasi tersebut, prodi ini memiliki misi ‘Mengembangkan Ilmu Teknik Dengan Penekanan Green Technology Sebagai Respon Isu Lokal Dan Global Berbasis Teknologi Digital Yang Unggul, Kreatif Dan Inovatif Berkelanjutan’.

Selain itu juga untuk mengembangkan penelitian dan publikasi karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa yang mampu memberikan kontribusi teoritis, empiris, dan praktis dalam bidang ilmu teknik sesuai tuntutan Revolusi Industri 4.0, serta penta-helix pendidikan tinggi.

Lulusan S3 Ilmu Teknik UNY diharapkan menjadi calon peneliti di bidang ilmu teknik seperti disebutkan di atas; pendidik di lingkungan akademik, pemerintahan, dan industri yang unggul pada bidang ilmu teknik; profesional pada bidang ilmu teknik seperti manajer dan direktur; dan konsultan pada bidang ilmu teknik yang unggul dan kreatif.

Prodi S3 Ilmu Teknik ini mengikuti perkuliahan mixed by course dan by research untuk mempercepat penyelesaian studi. Perkuliahan teori bisa diselesaikan pada semester pertama, sedangkan semester kedua dan selanjutnya menyelesaian mata kuliah kekhususan, publikasi dan desertasi.

Baca Juga :  K3S Sleman Apresiasi Kebijakan Baru Dana BOS

Pada semester pertama sudah disiapkan promotor dan kopromotor supaya mahasiswa bisa mulai melakukan penelitian, publikasi dan desertasi. Selain itu Prodi S3 Ilmu Teknik FT UNY menawarkan kelebihan tersendiri karena kurikulumnya yang dirancang hanya selama 6 semester.

Pendaftaran calon mahasiswa S3 Ilmu Teknik UNY melalui CBT Domisili, CBT Kampus dan Portofolio.

Pembelajaran dilakukan secara luring maupun daring. Biaya yang dipungut untuk studi lanjut pada S3 Ilmu Teknik UNY adalah Rp. 10.500.000,- untuk jalur bersubsidi, Rp. 12.000.000,- untuk jalur non regular dan Rp. 13.000.000,- untuk mahasiswa jalur kerjasama. Sumbangan Pengembangan Institusi sebesar Rp. 3.500.000,- dibayarkan sekali pada awal semester pertama.

Pendaftaran program S3 Ilmu Teknik FT UNY dapat diakses melalui pmb.uny.ac.id, sedangkan website-nya bisa dilihat pada https://s3ilmuteknik.ft.uny.ac.id. (uny/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?