Siswa saat ikuti pelatihan Corel Draw.

Daerah Kegiatan

Pelatihan Corel Draw Mampu Tumbuhkan Kreativitas Siswa


MAGELANG – Kreativitas siswa dalam masa sekarang, sangat perlu ditumbuhkembangkan. Seiring kemajuan teknologi, mau tidak mau hantaman efek negatif dari teknologi sangat terasa. Efek negatif dapat berupa penggunaan media sosial yang tidak baik dan penggunaan teknologi yang untuk siswa masih harus butuh pendampingan.

Untuk itu, maka siswa perlu diarahkan/dibimbing untuk memanfaatkan waktu luangnya dengan melatih kreativitasnya. Dari masalah-masalah tersebut, SMP Muhammadiyah Pujotomo Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengadakan pelatihan yang ditujukan untuk siswa-siswanya.

Berawal dari keinginan tersebut, Universitas Muhammadiyah Magelang melalui tim penelitian dan pengabdian mengadakan pelatihan corel draw untuk siswa-siswa tersebut. Corel Draw adalah sebuah drawing software yang sangat populer yang serbaguna dan dimanfaatkan oleh para desainer dari berbagai aliran.

Antara lain seni murni, desain logo, desain ikon/karakter, desain poster, brosur, kartu nama, coverbuku, dan sebagainya. Acara ini dilakukan pada 17 dan 24 Februari 2018 kemudian dilanjutkan 2-4 Maret 2018.

Pelatihan Corel Draw

Menurut guru pendamping Tri Wiyono Lestari, siswa sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Bentuk pengembangan kreativitas seperti ini harus rutin dilakukan agar siswa dapat mengembangkan diri dan memanfaatkan waktu untuk belajar yang menyenangkan. Jika tidak ada agenda seperti ini siswa hanya menghabiskan waktunya dengan bermain dan jika tidak diarahkan, maka waktunya tidak bermanfaat.

Masih dalam waktu yang sama, menurut Auliya Burhanuddin, dosen yang melakukan pengabdian ini menyatakan, pada pelatihan corel draw ini hasil yang ingin  dicapai siswa mampu memanfaatkan waktunya.

“Itu agar bermanfaat dengan menumbuh kembangkan kreativitas”.

Pengembangan kreativitas dilakukan dalam pembuatan poster/mading untuk mengisi mading di sekolahnya. Acara ini dilaksanakan di Lab Teknik informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang. Untuk kelancaran pelatihan karena siswa yang ikut banyak, maka agenda ini juga melibatkan asisten lab teknik informatika, Muhammad Makhfud.

Kedepan diharapkan setiap pelatihan akan melibatkan mahasiswa agar mereka dapat mengembangkan rasa percaya diri berbicara di depan.

Lomba Membuat Poster

Untuk menambah antusias dan semangat siswa, pada 5 Maret 2018 setelah pelatihan, maka diadakan lomba desain poster. Itu untuk melihat siswa mana saja yang sudah menguasai corel draw. Hasil lombanya, keluar sebagai juara 1 yaitu Microsoft Billy, juara 2 Rizky Adi Ariato, dan juara 3 Nurul Fadhilah.

“Selamat bagi para pemenang, dan untuk siswa yang belum menang jangan berkecil hati, ini adalah pelatihan corel. Silahkan diasah kembali kemampuan kalian agar semakin hebat dalam membuat poster”, ujar Endah Ratna Arumi.

Dosen teknik informatika tersebut kamudian menutup acara pelatihan dan lomba corel draw untuk siswa SMP Muhammadiyah Pujotomo Mertoyudan. Semoga diagendakan rutin tiap tahun untuk pelatihan-pelatihan yang lain agar dapat menumbuhkan kreativitas siswa katanya.

Apa Tanggapan Anda ?